KAMPANYE PENYELAMATAN ORANG UTAN DI CITY WALK

Klub Tunas Hijau menggelar kampanye Penyelamatan Orang Utan (Nanda ’Orang Utan’ in Concert) pada Minggu, 18 Desember 2005, Pukul   10.00 – 17.00 WIB di City Walk – Pakuwon Trade Center Surabaya.

Dengan dipimpin oleh Finalis Putri Lingkungan Hidup 2005 Fernanda Novelia – siswa kelas 5 SD Petra 5 Surabaya – pada kampanye tersebut dibagikan ribuan boneka Orang Utan, stiker dan poster Selamatkan Orang Utan dari perdagangan dan kepunahan.

Kampanye ini diselenggarakan mengingat masih sering dijumpainya perdagangan Orang Utan di Indonesia khususnya di Jawa Timur, meski dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Mengingatkan juga pada apa yang telah dilakukan oleh Fernanda Novelia pada 2004 lalu ketika menemukan anak Orang Utan dalam keadaan sakit yang diperdagangkan di salah satu pasar burung di Surabaya. Nanda lantas membelinya untuk dirawat selama beberapa minggu, dan setelah sembuh Orang Utan tersebut dikembalikan pada habitatnya melalui Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur.

Pada kampanye Orang Utan ini juga dilakukan Talk Show tentang bagaimana perilaku Orang Utan dengan oleh Nanda dan keeper/penjaga Orang Utan dari Kebun Binatang Surabaya. Juga diputarkan film dokumenter tentang penyelamatan Orang Utan oleh Nanda.

Di tempat yang sama, juga dilaksanakan lomba mewarna tema Penyelamatan Orang Utan untuk TK dan SD, Menggambar Poster Penyelamatan Satwa Langka untuk SD, Lomba Inovasi Daur Ulang untuk SMP, Pesta Melukis Lingkungan Hidup pada kain putih, Ngamen Lagu Untuk Bumi, pameran art work lingkungan hidup dan permainan-permainan tema lingkungan hidup.

Nanda juga me-launching album terbarunya, King of Majesty, di tempat yang sama.