Pangeran dan Putri LH Sumbawa Barat 2006 Kunjungi Tunas Hijau

Klub Tunas Hijau dikunjungi tamu istimewa pada 18 – 20 Agustus 2006. Tamu itu adalah Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup Sumbawa Barat 2006, Marthen Cahyadi Lalang dan Efri Lestari. Mereka adalah Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup kedua dari Sumbawa Barat, yang terpilih Juli 2006.

Selama tiga hari kunjungan ke Jawa Timur, Marthen dan Efri diajak melakukan beberapa kegiatan lingkungan hidup. Diantaranya, kunjungan ke beberapa hutan kota yang telah dibuat oleh Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup di Surabaya. Hutan-hutan kota yang dikunjungi adalah hutan kota I di belakang Plaza Surabaya dan hutan kota IV di Bundaran Balongsari, Tandes.

Pada kunjungan ke hutan kota ini, dipandu oleh Presiden Klub Tunas Hijau Mochamad Zamroni, Marthen dan Efri dimotivasi untuk bisa memberikan kontribusi lebih untuk perbaikan lingkungan hidup di Sumbawa Barat dengan gaya anak-anak. ”Di kedua hutan kota ini, beberapa waktu lalu, paguyuban Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup pernah mengajak keluarga mereka untuk membawa sedikitnya satu pohon untuk ditanam di hutan kota ini. Programnya Family Tree Planting,” kata Mochamad Zamroni.

Selain kunjungan ke hutan kota, Marthen dan Efri juga diajak berkunjung ke dapur redaksi Jawa Pos di Gedung Graha Pena Surabaya. Di Jawa Pos, mereka diterima oleh pemimpin redaksi Azrul Ananda. Di Jawa Pos, mereka mendapat pengetahuan tentang proses penyajian suatu berita di koran. Mereja ditemani oleh beberapa anggota paguyuban Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup Jawa Timur.

Kunjungan juga dilakukan di SMP Kristen Petra 3 Surabaya, SMP Negeri 16 Surabaya dan SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. Ketiga sekolah tersebut memiliki program lingkungan hidup yang dimotori oleh anak-anak. Di SD Laboratorium misalnya, siswa SD dapat mempelopori pembuatan hutan sekolah dan mengajak teman-temannya untuk membuang sampah selalu pada tempatnya.

Di SMP Negeri 16 Surabaya, Marthen dan Efri disuguhi proyek budi daya bekicot, taman toga dan pemanfaatannya, hutan sekolah, komposting, daur ulang kertas dan Virgin Coconut Oil. Proyek-proyek tersebut dibuat oleh para siswa. Sementara itu, di sekolah Pangeran Lingkungan Hidup 2005 I Dewa Putu Adhika Happy – SMP Kristen Petra 3 Surabaya, Marthen dan Efri disuguhi beberapa proyek lingkungan hidup yang berhubungan dengan teknologi.

Marthen dan Efri juga mengikuti tanam pohon untuk hutan kota baru di bantaran sungai Kalimas Jl. Ngagel Surabaya. Penanaman pohon ini dilakukan bersama dengan purna peserta Pelatihan Lingkungan Hidup 2006 tingkat SMP se-Surabaya.

Sejak tahun 2005, Kabupaten Sumbawa Barat yang dimotori Newmont Nusa Tenggara memang mengadakan Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup Sumbawa Barat untuk anak-anak. Mengadopsi penganugerahan yang sejak 2002 diadakan di Surabaya, penganugerahan di Sumbawa Barat juga mensyaratkan pesertanya memiliki proyek lingkungan hidup.