Dune Revegetation Margaret River

Kawasan pantai di Margaret River berbeda dengan pantai di Surabaya dan kebanyakan kota di Jawa Timur. Selain warna pasir pantai yang putih layaknya gurun pasir, di pantai tersebut suhu udaranya cukup sejuk dan nampak bersih dari sampah. Namun, bukan berarti tidak ada yang bisa kita lakukan dan tidak ada masalah lingkungan.

Jumat pagi itu, rombongan melakukan beberapa program lingkungan hidup di kawasan pantai tersebut. Programnya cukup aneh, tapi mengasyikkan. Yaitu membuat penghalang di jalur yang biasanya digunakan untuk melakukan ski pantai. Mengingat ski pantai dapat merusak tanaman pantai yang tumbuh di kawasan pantai itu.

Caranya cukup mudah, yaitu meletakkan ranting-ranting pohon di jalur menurun yang biasanya digunakan untuk ski pantai. Ranting-ranting pohon itu pun diambil dari pepohonan di pinggir jalan yang baru saja dirampingkan. Pemindahan ranting pohon dilakukan dengan estafet oleh rombongan dengan arahan dua orang perempuan tua yang sudah lama melakukan program ini.

Kegiatan lantas dilanjutkan dengan melakukan penanaman pohon pantai. Ada dua cara yang dilakukan pun cukup unik. Pertama, dengan melakukan penanaman bibit pohon yang cukup lazim di Indonesia. Yaitu, membuat lubang tanam dan memasukkan bibit yang akan ditanam.

Cara kedua yang tergolong unik, yaitu dengan hanya menebarkan ke tanah serbuk bunga tanaman pantai yang sudah masak. Namun, rombongan juga diminta mengumpulkan serbuk bunga yang sudah masak tersebut dari bunga di tanaman sepanjang pantai. Sungguh mengasyikkan.