Ajari Daur Ulang Kertas Keluarga Karyawan AUTO 2000 HR Muhammad

Tunas Hijau memberikan workshop daur ulang kertas bagi keluarga karyawan AUTO 2000 HR Muhammad Surabaya, Jumat, 17 Agustus 2007. Dengan bimbingan aktivis Tunas Hijau Satuman, ibu-ibu istri karyawan AUTO 2000 HR Muhammad Surabaya ini mendapat pengetahuan tentang proses daur ulang kertas bekas menjadi kertas baru. “Kertas yang akan didaur ulang sebaiknya direndam dalam air, kemudian disobek-sobek dalam rendaman. Untuk memperhalus hingga menjadi bubur kertas harus digunakan alu atau blender listrik atau blender manual,“ kata Satuman.

Setelah sesi dengan keluarga karyawan, workshop daur ulang kertas pun dilanjutkan pada masyarakat sekitar AUTO 2000 HR Muhammad Surabaya. Sama halnya pada sesi dengan keluarga karyawan, masyarakat sekitar yang didominasi ibu-ibu rumah tangga ini juga mendapat kesempatan untuk mempraktekkan cara pembuatan kertas daur ulang. “Ternyata caranya cukup mudah ya. Aku nanti mau buat di rumah bersama anakku,” kata Solekhah, salah seorang ibu rumah tangga.

Sementara itu di sudut lain AUTO 2000 HR Muhammad juga diselenggarakan lomba bermain kartu kwartet lingkungan hidup untuk anak-anak karyawan dan warga sekitar. Anak-anak nampak cukup piawai memainkan kartu yang didesain khusus oleh Tunas Hijau itu. Maklum, kartu kwartet sudah lama dimainkan oleh masyarakat Indonesia. “Asyik ya, anak-anak dapat pengetahuan lingkungan hidup sambil bermain,” kata salah satu orang tua peserta yang ikut menyaksikan. (*)