Senangnya Melihat Penyu-Penyu Imut di Bali

Hi, salam kenal! Aku Firsttolia, runner up1 Putri Lingkungan Hidup  2008 Malang Raya. Aku bersekolah di SDNBI Tlogowaru, Malang. Aku duduk di kelas lima.

Ini adalah pengalaman pertamaku pergi bersama teman-teman. Wah, pokoknya seru abis deh.

Asyik sih, bukan karena gratisnya aja loh. Tapi pokoknya seru abis deh sama teman-teman.

Eh, pas lagi ngantuk-ngantuknya, udah sampai di pelabuhan. Jadi, ngantuk gak ngantuk ya harus bangun. Daripada kepanasan di bus. Ya nggak?

Di atas kapal aku melihat kapal-kapal lain. Ada kapal yang bagus. Lalu aku sama Tata berhalusinasi. Kapal itu akan menabrak gunung es lalu tenggelam. Dan terdengar musik lagu “My heart will go on.” Hiks! Jadi ingat Titanic deh.

Olala, nggak terasa udah sampai di pelabuhan Gilimanuk, Bali. Aku nggak bisa tidur di bus tapi lama-lama akhirnya tidur juga. Loh, kok gitu?

Tiba saatnya di Pantai Sanur, sebenernya sih Fantastic Beachnya itu kerasa banget. Namun, karena kotor… ya gitu deh.

Ups, perutku udah bunyi nih. Udah waktunya breakfast nih. Nyam-nyam. Setelah makan aku langsung check in.

Setelah check in, aku mandi. Ya terus ngelanjutin wisata ke tempat lain. Oh, iya aku lupa cerita aku ke Bali ini juga shooting loh. Wah, kaya artis aja. Tapi, bener loh! Judulnya “Bali, what happen?”

Selama pergi ke beberapa tempat, kami ditemani seorang guide asli Bali. Namanya Bli Putu.

Setelah mengunjungi beberapa tempat, aku dan kawan-kawan pergi ke pantai Tanjung Benoa. Wuih, perfect beach. Warna air laut seperti disembur. Bagus banget pokoknya. Aku seneng banget ngelihatnya!!

Eeh, ternyata aku dan teman-teman pengen nih lihat pulau Penyu sambil lihat-lihat pesona alam yang ada disini. Selama ada di perjalanan aku melihat pemandangan bawah laut dari kaca di perahu yang kunaikki. Terumbu karangnya indah banget. Ikannya lucu-lucu lagi. Aku terpesona dengan alam yang ada.

Setelah sampai di pulau penyu, aku melihat baby turtle yang masih kecil-kecil. Imut deh. Setelah melihat penyu-penyu. Aku melihat hewan lain yang ditangkar disitu!! Ada Biawak, Kelelawar dan lainnya!!

Yahh!!! Times up!! Waktu udah abis!! Aku harus kembali lagi ke pantai Tanjung Benoa!! Tapi sebelum itu, buat kenangan, kami berfoto dengan turis yang ada di situ. He, he, he….

Setelah itu kami menuju ke Joger. Disana rame sekali. Jadi kami harus berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

Setelah pulang, kami tidak langsung naik shuttle. Tapi kami foto-foto dulu di Hard Rock Hotel!!!! Eh, pas mau naik shuttle dimarahi sama sopirnya. Heh, galak banget.

Habis itu kami mengunjungi Krisna, counter oleh-oleh khas Bali. Sebenarnya, sih harga barang disitu tidak terlalu mahal, namun uangku udah tak belanjakan di Joger. Udah habis!! He, he, he. Karena aku bawanya uang ngepas sih.

Sampai di hotel, aku langsung mandi. Airnya dingin jadi segar deh. Abis itu aku turun ke bawah terus menikmati dinner. Tapi sayang, nasinya agak ada problem. Abis itu ada nasi baru, tapi namanya lagi bad mood!! Ya, cuma makan dikit deh. Abis itu ada konser akbar by Kak Dani!! Pas lagu enak-enak.. E.. Oryza ganggu. Huh.. dasar lawak. Habis lihat konser akbar by Kak Dani, kami mau jalan-jalan. Tapi karena udah malam gak jadi deh. Tapi jadinya kami menelpon 14045. He, he, he alias delivery McDonald. Aku nggak pesan apa apa. Cuma awalnya aku pesan coke float tapi katanya nimbulin banyak sampah jadinya….. gak jadi deh.

Esok harinya…………………………………….

Yah, waktunya check out hotel deh… Setelah aku mandi, aku ke bawah untuk sarapan. Sekaligus check out.

Habis itu kami pergi belanja oleh-oleh berupa makanan di Jajan Bali. Aku membelikan oleh-oleh untuk keluargaku di rumah. Adikku pesan pilus Bali. Ya namanya amanat, ya harus dilaksanakan dong. Bener khan?

Time for shooping…. he, he, he. Aku sekarang ke Pasar Seni Sukowati. Di sana harganya tuh murah-murah. Cuma harus nawar dulu. Namanya anak kecil, jadi penjualnya gak tega kalau harus mahal-mahal. Asyiknya menjadi anak kecil. Dapat harga spesial. Aku disana membeli banyak.  Ada daster, kalung, pensil dan lain-lain.

Saatnya menuju ke Danau Bedugul. Danau yang indah sekali. Di sana aku naik speed boat untuk menikmati pemandangan yang fantastik. Disana aku juga membelikan oleh-oleh untuk guruku.

Go to Tanah Lot.. Asyik!!! Disana aku shooting dulu, baru ngelihat sunset. Yang lebih seru lagi nih ketemu turis dari China nggak bisa bahasa Inggris. Untung ada salah satu temannya yang bisa bahasa Inggris.Setelah shooting kami melihat sunset. Indah sekali. You can believe it or not. Beautiful nature.

Habis jalan-jalan, aku foto-foto dulu. Tapi yang mengharukan kami semua harus berpisah dengan Bli Putu. Kami menyanyi ”Kapan-kapan” untuk Bli Putu. Ya berpisah!!!

Selama di perjalanan aku tidur. Eh, pas lagi nyenyak-nyenyaknya, aku disuruh makan. Dah makan gak mood, tidur terganggu. Rugi deh!

Waktunya menyebrang teman-teman dari Paguyuban Pangeran & Putri lingkungan Hidup2008 Malang Raya pada tidur semua. Kecuali orang tua, mereka turun. Yah tidur & kepanasan di bus deh!!!!! Mungkin gak tega ya mau bangunin. Terlalu nyenyak sih.

Rabu, 21 Januari pukul 07.30 aku sampai di Malang. Berangkat selamat. Pulang pun selamat.

Oleh Runner Up I Putri Lingkungan Hidup 2008 Malang Raya Firsttolia