Bersamaan Dengan Ujian Akhir Nasional SD, Penganugerahan Pangeran & Putri LH Surabaya Raya 2009 Diundur Tiga Minggu

Pelaksanaan Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2009 Surabaya Raya terpaksa diundur tiga minggu. Pengunduran ini dikarenakan rencana pelaksanaan semula bersamaan dengan pelaksanaan ujian akhir nasional sekolah dasar se-Indonesia.

Pendaftaran yang semula dilaksanakan mulai 15 Maret 2009, diundur menjadi mulai 1 – 20  April 2009. Begitu juga untuk tahapan-tahapan seleksi yang akan dilaksanakan juga mengalami pengunduran. Puncaknya, final, yang semula dilaksanakan pada 3 Mei 2009 diundur menjadi 24 Mei 2009. Detail pelaksanaan dapat diakses pada website khusus pangeran dan putri lingkungan hidup.

Penganugerahan pangeran dan putri (pangput) lingkungan hidup bukanlah even pemilihan siswa yang ganteng ataupun cantik. Pangput yang akan digelar pada April – Mei 2009 ini adalah perhelatan kelima yang dibuat Tunas Hijau. Pangput sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2002, 2003, 2005 dan di Malang Raya tahun 2008.

Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup bukanlah kegiatan yang hanya seremonial, yang setelah final dan terpilih pangeran dan putri lingkungan hidup, maka program ini selesai. Namun, terpilihnya pangeran dan putri lingkungan hidup dan finalis lainnya merupakan langkah awal bagi anak-anak tersebut untuk berkiprah lebih nyata dalam peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Pada program ini anak-anak didorong untuk memiliki kepedulian lingkungan hidup dengan membuat proyek lingkungan hidup yang tidak sehari selesai. Para finalis Pangeran & Putri Lingkungan Hidup selama ini juga telah menunjukkan keaktifan dalam Paguyuban Pangeran & Putri Lingkungan Hidup Tunas Hijau dengan terus melakukan kegiatan nyata untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup.