Visit to Malaysia and Brunei

Hai, aku Firsttolia Larasati Yan Sugianto. Nggak lupa khan sama aku? Aku Runner Up I Puteri Lingkungan Hidup 2008 Malang Raya. Aku habis mengikuti 6th YAWA ICCE (International Children’s Conference on the Environment) di Malaysia awal Juni kemarin. Aku mau berbagi pengalaman nih. Mau tahu? Baca aja ya!!

Sekitar pukul 12.30, aku dan Dewi menuju ke Bandar Udara Juanda. Sekitar dua jam kemudian aku telah sampai di Juanda. Disana kami menimbang dan menaruh benda yang akan dimasukkan ke bagasi. Setelah itu kami mengisi sebuah form. Kami akan ke Brunei sekitar 45 menit lagi. Agar tidak jenuh kami keluar dulu. Ya, tak lama kemudian pesawat sudah mau berangkat. Lalu, kami menuju ke atas, ke salah satu gate, aku lupa gate berapa.

Pesawat yang kami tumpangi adalah pesawat ROYAL BRUNEI. Aku duduk disamping Bu Is. Kami menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Sesampainya di Brunei kami menunggu agak lama. Kami dijemput oleh keluarganya Eah (baca I’ah). Sebelum kami menuju ke rumah Eah, kami diajak makan malam ke restoran SOTO RINDU. Restaurant itu terletak di Giant Brunei. Setelah makan, kami melihat-lihat barang-barang yang ada disitu. Sebenarnya mau beli sih, cuma nggak bawa uang Dollar Brunei. Jadinya, cuma lihat-lihat doang.

Setelah makan malam, kami diajak ke Istana Nurul Izzah. Kami berfoto-foto dulu. Karena sudah malam, kami cepat-cepat pulang. Ya, aku juga sedikit ngantuk. Aku, Dewi dan Eah bercakap-cakap dulu sampai jam 24.00. Aku tidur sekitar pukul 24.05.  Kalau Dewi katanya tidur jam 24.30. Yaaa, mungkin aku sudah tidur.

Paginya pukul 04.30 aku bangun. Setelah itu aku membangunkan Dewi. Lalu, kami berdua mandi. Setelah mandi, kami sarapan. Sehabis sarapan Bu Is dan Bu Agus bercakap-cakap dulu dengan kakaknya Eah. Sebelum kami diantar ke bandara. Kami diberi cinderamata oleh tuan rumah. Karena masih agak ngantuk, aku tidur sebentar dimobil. Lumayan….

Sesampainya di bandara, aku dibangunkan oleh Dewi. Sebelum berangkat kami mengisi form dulu. Urusan yang lain sudah diurus. Aku, Dewi dan Eah menunggu sambil duduk-duduk. Tak lama kemudian kami harus keatas. Sebelum itu kami foto-foto dulu.

Lalu, kami masuk pesawat. Kami menuju ke Kota Kinabalu. Perjalanannya sekitar 25 menit. Lalu, sesampainya di Kota Kinabalu, kami sudah dijemput oleh Konsul Indonesia yang ada di Kota Kinabalu. Tapi, kami tidak langsung diantarkan, kami menunggu uncle Fikri dari YAWA Malaysia dulu.

Kami naik mobil menuju Sandakan. Karena macet, kami menghabiskan waktu sekitar 8 jam. Aku tidur lagi…..he, he, he…… Yaa, kan ngantuk. Sekitar jam 15.00, kami makan di salah satu rumah makan. Sebelum makan aku membeli kartu perdana dulu, karena mamaku berpesan kalau sudah sampai Malaysia disuruh telpon. Ya, biar nggak terlalu cemas memikirkan anaknya.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan lagi. Kami sampai di Rainforest Discovery Centre (RDC) sekitar pukul 19.30. Setelah itu kami disuruh makan malam. Aku belum dapat teman jadi ya berdua sama Dewi terus.

Sebelum makan malam, kami diajak menuju office. Disana kami diberi name tag. Ketika aku melihat… Aaaaaaaaaaaaaaaaa… Aku dan Dewi tidak satu kelompok. Dalam hal apapun!! Awalnya kami tidak dapat teman. Jadi, kami sendiri. Ya, nggak enak banget sendiri. Nggak ada yang bisa diajak ngomong.

Setelah itu kami menuju Rainforest Hall. Disana kami dikenalkan pada para Junior Board (JB) dan tugas Junior Board itu. Ex: Monica is vice captain, she will ….. . Ya, setidaknya aku tahu lah! Namanya sapa aja!

Kalau tidak salah aku duduk di depan Mahirah (salah seorang JB). Dan duduk di sebelah Munirah (JB juga). Aku masih amat sangat pemalu!! Karena nggak ada kenalan. Setelah itu Kak Anisa Yasmin mengumumkan pembagian resort. Kebetulan semua yang dari Tunas Hijau berkumpul di satu resort. Ya, tapi nggak satu kamar la…. Setelah itu kami diantar ke resort masing-masing. Kami kebagian di Sepilok Jungle Resort. Kebetulan lagi, aku, Dewi, Bu Is, dan Bu Agus satu kamar, jadi ya….enak lah…

Keesokannya…

Kan kemarin ceritanya masih registration dulu. Nah, hari ini baru pembukaan. Acara dimulai sekitar pukul 08.00 (jam sana lho ya. Kalau disini jam 9). Disana hadir juga menteri pelancongan (menteri pariwisata kalau disini). Namanya Datuk Al Manan. Ada sambutan juga dari Mrs. Bernadette Joeman.  Dan, ada juga sambutan dari uncle Adly.  Dll…

Setelah itu ada juga penampilan dari EDC (Eco Drum Cycle). Eco Drum Cycle itu berbeda dengan band-band yang lain! Eco drum cycle peralatannya terbuat dari benda-banda daur ulang!! Wow, awesome!!! Setelah itu applause dari penonton sangat meriah!!! Awesome!!!

Setelah itu ada acara lunch. Sehabis lunch kelompokku HORNBILL pergi ke SOURC (Sepilok Orang Utan Rehabilitation Centre). Disana kami diputarkan film tentang Orang Utan. Oh iya, di sana Orang Utan sekolah lho!!! Tapi, nggak sekolah kaya’ kita geto!!! Mereka dilatih kekuatannya….. Awesome

Setelah itu kami diajak melihat Orang Utannya langsung. Disana kami tidak boleh ramai. Karena, akan mengganggu Orang Utan itu. Setelah itu, kami diberi pengetahuan tentang beruang. Khususnya SUNBEAR! Presentasi tentang beruang itu memang agak lama sih. Pas error agak lama aku ketiduran 1 menit. Lho kok tahu??? Di LCDnya ada jam nya dari 4: … . Sampai 3: … . Bukan jam lho ya!! Ya aku juga sudah menghindari untuk nggak ketiduran, tapi namanya nggak sengaja. Mau diapakan lagi?????

Setelah sampai di RDC (Rainforest Discovery Centre). Diadakanlah Friendship Group. Friendship groupku bukanlah HORNBILL lagi. Namun, BELIAN. Disana aku bertemu teman baru lagi. Ya, lumayan banyak-lah!!

Setelah friendship group kami makan. Sehabis makan aku bertemu dengan Mas Nizam. Mas Nizam bilang padaku dan Dewi. Sehari kami ditarget untuk mendapatkan 20 orang teman baru. “Ya, paling tidak hari terakhir sudah kenal setengah peserta-lah,” ujarnya. Pada saat itulah kami mulai mencari teman baru. Aku khan kenal tuh sama Alyssa, Ang Seh Juan. Dan lain-lain lah tentunya. Mereka nggak sendiri, mereka ada temannya. Ya, jadi temannya juga kami jadikan teman deh. Pertamanya kami sangat berat hati untuk melakukan itu. Namun, akhirnya aku mau juga.

Sehabis itu kami makan malam. Setelah makan malam aku dan teman-teman pergi ke Rainforest Hall. Disana ada acara Magic Stick. Acara Magic Stick itu begini, kalau ada anak yang mendapatkan Magic Stick itu, anak itu harus menceritakan tentang field tripnya hari ini. Setelah itu ada hiburan RDC TV. Ya, kaya’ siaran TV betulan gitu. Eh, tapi jangan dicek ya! Soalnya RDC TV itu cuma bohong-bohongan. Singkatan dari RDC adalah Rainforest Discovery Centre. Setelah hiburan RDC TV itu ada Housekeeping Announcement. Yang menyampaikan Housekeeping Announcement adalah uncle Fikri. Housekeeping Announcement itu pemberitahuan tentang baju apa yang harus dipakai besok. Hari kedua jadwalnya pakai baju Abu-abu.

Karena tidak ada Supper, kami sudah boleh kembali ke resort masing-masing. Untuk transportasi kami diantarkan bus. Sesampainya di resort, aku langsung mandi, karena badanku lengket semua. Aku nggak nyaman banget kalau tidur tapi badanku masih kotor dan sticky (lengket). Wah, bisa-bisa nggak tidur semalaman!!!

Keesokan harinya…

Sebelum ke RDC, kami sarapan dulu di resort. Seusai sarapan kami ditunggu bus di luar. Setelah itu kami kembai lagi ke RDC. Setelah itu acara di Rainforest Hall dimulai sekitar pukul 08.00. Acara pertama adalah presentasi dari Keynote. Keynote pertama adalah Mrs. Bernadette. Mrs. Bernadette berbicara tentang tipe hutan-hutan di Sabah. Setelah Mrs. Bernadette selesai, ada Keynote lagi yaitu Pn (baca Puan) Azura. Pn Azura berbicara tentang pentingnya pohon untuk mengurangi global warming. Dan aku sangat menikmatinya.

Sekitar pukul 09.15, Pn Azura selesai presentasi. Lalu, ada presentasi lain dari Sepilok Junior Ranger. Yang presentasi adalah Kak Kelvin. Kak Kelvin adalah salah satu SEEN Junior Board. Setelah itu ada presentasi juga dari SMK Bukit Jelutong. Seharusnya aku dan Dewi presentasi setelah ini. Namun, karena waktunya nggak cukup presentasinya diganti malamnya.

Setelah itu ada Tea Break. Setelah tea break ada kegiatan workshop lagi! Nah, kali ini aku mendapatkan tugas untuk mengecek kualitas air di salah satu aliran air gunung. Setelah di tes lewat 3 cara yaitu: Biologi, Kimia dan Fisika, kami mengambil kesimpulan bahwa air itu cukup aman untuk mandi dan mencuci. Tapi, tidak aman untuk minum. Setelah itu kami jalan menuju RDC. Aku dan teman-teman sangat capai. Namun, tak lama kemudian ada mobil kosong. Kami tahu bahwa mobil itu akan menuju ke RDC. Jadi kami semua numpang!!! Kami semua berebut masuk ke mobil mini itu. Namun, karena aku sudah duluan lari. Aku ya dapat tempat.

Setelah itu, kami kembali untuk makan siang. Selepas makan siang ada acara field trip. Hari ini giliran aku dan kelompokku pergi ke RDC. Tapi hutannya lho ya! Kami ke sana melihat-lihat tanaman. Ada juga tanaman langka, aeperti Venus Fly Trap, kaktus dan masih banyak lagi. Kami jalan mengelilingi hutan RDC. Lalu, setelah itu kami naik tower. Aku agak takut sih. Takutnya kalau jatuh dan Aaaaaaaaaaaa!!!!!!!!… Tapi, dugaan itu tak terjadi. Amien….

Setelah itu ada Friendship Group. Di friendship group kami disuruh menceritakan tentang field trip. Pas giliranku, baru aja aku mau buka mulut dan menceritakan dalam Bahasa Inggris. Tapi Junior Boardnya yang bernama Kak Kevin bilang “Kau cakap dengan bahasa kau sendiri la,” ucapnya. Ok deh! Kalau kaya’ gitu ya aku ngomong Bahasa Indonesia aja!

Malam ini kami disuruh memakai kostum daur ulang! Aku memakai tas daur ulang. Gitu aja sudah banyak yang minta fotoku!!! Aaaa… aku merasa paling keren!!!

Ketika aku dipanggil untuk presentasi, aku sedikit malu dan gimana gitu!!! Tapi, I believe I’ll success.

Setelah itu ada Magic Stick, kali ini Zulfi yang dapat magic stick itu!! Wow, aku sebenarnya sudah nebak sih. Setelah itu Zulfi memberikan magic stick itu ke aku!! Wow, memang aku menunggu magic stick. Jadi, aku sudah mempersiapkan apa yang seharusnya aku omongkan!!

Setelah itu, ada acara RDC TV (masih ingat khan?????). Kali ini semuanya berbeda! Khan pakai kostum daur ulang. Inget khan?

Lalu, ada housekeeping announcement. Yang menyampaikan adalah Uncle Fikri. Acara besok tidak seperti biasanya. Besok, sehabis field trip para peserta dan pendamping diantar pulang ke resort untuk ganti baju, karena besok ada Traditional and Cultural Theme Night.

Setelah itu ada Supper. Disana ada onde-onde juga! Tapi, kalau di Malaysia namanya bukan onde-onde. Tapi, kue bom. Wow!!!

Setelah Supper, kami menunggu bus, karena sopirnya belum datang. Kami menentukan lagu yang akan kami nyanyikan besok. Katanya yang nge-trend juga nggak apa. Pertamanya, aku menyarankan untuk menyanyikan lagu Suara (Hijau Daun). Akhirnya, kami sepakat untuk menyanyikan lagu Laskar Pelangi.

Setelah sampai di resort, aku langsung mandi. Soalnya, kalau sore khan nggak ada waktu buat kembali ke resort dan mandi!!!! Jadi, ya terpaksa mandinya malam…. Tapi, hari ini aku benar-benar enjoy.

Keesokan harinya….

Sepertinya aku bangun paling terakhir deh. Ya, sepertinya begitu…. Tapi, aku langsung mandi. Setelah itu kami pergi ke Banana Café yang letaknya tidak jauh dari resort (masih di dalamnya resort!!). Sehabis sarapan kami menuju bus.

Hari ini kelompok HORNBILL, SUNBEAR, dan ORANG UTAN Field trip ke SJK(C) Chi Hwa yang berada di Sandakan. Chi Hwa adalah sekolah China. Eco-school di sana bersih banget. Tempat sampah untuk kaleng bekas tersedia. Tempat sampah untuk kaleng itu sangat besar.

Di sana ada sambutan dari SJK(C) Chi Hwa. Dan di sana dibagi 12 kelompok menurut bulan. Aku memilih Agustus karena khan aku ulang tahun bulan Agustus!!!

Disana aku lihat-lihat ke salah satu kelas. Disana, aku lihat benda-benda daur ulang, contohnya kaleng coca-cola dijadikan perahu mainan. Lalu, telur dijadikan seperti Santa Claus. Wow, pokoknya bagus banget!!

Setelah itu kami menuju ke perpustakaan. Di sana buanyaaaaaaak banget buku bahasa China. Aku cuma baca dongeng Cinderella (dalam bahasa Inggris). Soalnya, kalau bahasa China, sumpah deh aku nggak bisa. Benar-benar nggak bisa. Aku nggak ngaco lho ya. Beneran nggak bisa.

Setelah itu kami menuju ke kantin. Aku duduk di sebuah bangku panjang. Aku nggak tahu terus ada anak bilang “Lia, can I sit here?” Padahal, aku nggak kenal siapa namanya. Ya boleh aja khan masih longgar. Aku masih bingung kenapa dia tahu namaku. And yang penting dia tahu darimana?

Di kantin kami diajari cara membuat enzyme sampah. Bahan-bahannya sudah disiapkan oleh Sekolah Chi Hwa. Bahan-bahannya adalah:

–          1 Liter Air

–          100 Gram Gula Merah

–          300 Gram Kulit Buah

Setelah itu kami menuju RDC. Perjalanan yang cukup jauh membuat aku sedikit ngantuk. Tapi, anehnya aku nggak bisa tidur. Kami kembali ke RDC untuk makan siang. Setelah itu aku melanjutkan field trip lagi ke Sepilok Laut. Ini adalah field trip yang paling kutunggu-tunggu. Kaya’nya asyik deh ke laut.

Dugaanku benar. Ternyata Sepilok Laut memang bagus. Sesampainya di sana, aku pergi ke kampung terusan baru. Perjalanan ke kampung terusan baru agak lama sih. Di sana panoramanya bagus banget dan anginnya sepoi-sepoi.

Sesampainya di ampung terusan baru, aku diajari cara membuat jaring untuk menangkap ketam (maksudnya kepiting). Tapi nggak ada umpannya jadi kami nggak berhasil menangkap ketam. Bikin jaringnya agak susah sih.

Setelah itu ada anak beli udang kering. Satu kilo harganya RM 27. Aku tanya ke temanku Emmily, mahal nggak kalau satu kilo RM 27. Katanya sih mahal. Jadi, ya aku nggak beli.

Sehabis itu kami diajak ke rumah penduduk untuk makan siang lagi. Di sana aku makan siput dan ketam (kepiting). Lalu, ada salah seorang pendamping bilang kalau aku Indon (maksudnya orang Indonesia. Atau apalah yang berhubungan dengan Indonesia). Sehabis itu orang yang punya rumah langsung minta foto-foto sama aku. Wow, aku senang sekali.

Lalu kami menjemput teman-teman yang ada di kampung baru. Sebelum sampai di kampung baru kami bermain-main dulu di perahu. Jadi, mainnya gini. Ada anak berdiri dan harus lihat ke depan, di belakang dia itu nanti ada yang mukul dia. Terus, suruh nebak siapa yang mukul.

Lalu, kami menuju RDC. Katanya sih, kami kelompok yang paling telat pulangnya! Sesampainya di RDC semua kelompok sudah kembali ke resort. Lalu, aku diantar ke resort. Sesampainya di resort semua orang di kamarku udah siap. Bahkan, Dewi sudah pakai baju and….

Aku langsung mandi dan segera ganti baju. Aku memakai rok terusan dan bercorak batik. Lalu, aku pergi ke kamar Zulfi untuk berlatih menyanyi (ingat khan aku mau nyanyi lagu Laskar Pelangi). Musiknya dari gitar, yang memainkan gitarnya adalah Mas Dony. Kami hanya berlatih sekali, karena sudah ditunggu bus.

Ketika aku naik bus, tempatnya sudah penuh, lalu ada satu kursi kecil. Dan akhirnya aku duduk di situ. Lalu, ada anak duduk di sebelahku dan berkata “You look so pretty (Kamu terlihat sangat cantik).” “Oh thank you (Oh makasih),” jawabku. Pas itu aku merasa hmm….. merasa ya… ya…. ya… pokoknya ge-er buuuaanget.

Sesampainya di RDC kami berlatih lagi cuma satu kali. Terus acaranya dimulai deh. Para hadirin disuruh makan dulu.  Seusai aku mengambil makan ternyata hujan turun. Dan, otomatis tanahnya jadi becek khan…

Waktunya Tunas Hijau menyanyi…

Kami menyanyi Laskar Pelangi (masih ingat khan?). Pas kami mau maju, tahu teriakan apa yang paling keras? Tahu? “Doni!! Doni!!”  Dan teriakan yang kedua untuk aku dan Dewi (cuma nggak begitu keras).

Pas kami menyanyi. Miknya dipegang Zulfi terus. Jadi, aku teriak-teriak biar suaranya didengar. Lalu tahu apa yang terjadi? Setelah kami menyanyi, apa yang dilakukan oleh para penonton? Mereka bilang……………………………… ONCE MORE!!!!!!!! Aaaaaaaa……. Pada saat itu aku merasa paling keren! Uuuih, pokoknya keren abis!

Lagu yang kedua adalah Mimpi Yang Sempurna. Lalu, ada fans yang ngasih bunga! Wow, AWESOME! Lalu, ada lagi yang berperilaku agak aneh. Gak ngasih apa-apa sih, cuma gerakannya itu seperti… ahh, nggak tahu bingung aku namanya gerakan apa.

Setelah itu ada supper dan kami pulang. Oh ya, sebelum aku naik ke panggung, sepatuku kemasukkan lumpur. Ya, nggak nyaman banget sih. Setelah itu kami pulang ke resort. Sesampainya di resort, aku tidak langsung mandi, tapi, aku packing dulu, karena besok kami harus pergi ke KK (Kota Kinabalu)

Keesokkannya….

Acara pertama dimulai di Rainforest Hall. Acara pertama adalah Friendship Group. Friendship Groupku adalah BELIAN (Masih ingat?). Disana aku mengisi 3 lembar evaluasi. Ya, tentang Field Trip kemarin, karena aku sangat menyukainya. Jadi, aku tulis apa adanya.

Setelah itu ada tea break (Oh, tea break terakhir di acara ini). Seusai itu ada closing ceremony. Disana, diundang juga menteri kehutanan yang bernama Datuk Sam Mannan. Ya, setelah itu ada beberapa beberapa pidato.

Giliran pengumuman “The Best Eco Costume”. Aku berharap banget dapat gelar itu. Cuma, orang lain yang dapat. Kedua “The Best Presentation”. Aku pikir aku mendapatkan itu. Tapi sayang, orang lain yang mendapatkannya. Terus yang ketiga “The Best Delegate (male & female)”. Aku nggak berharap sih. Soalnya ini khan konferensi Internasional. Jadi, ya maklum lah kalau nggak dapet.

Alyssa, temanku menghampiri aku. Aku suruh nulis sesuatu di kaosnya. Ya, aku asyik-asyik saja nulis. Terus namaku dipanggil. Aku sih nggak maju, lantaran aku nggak percaya. Tapi, akhirnya namaku dipanggil. Ya, aku akhirnya maju. (Ihhh, nggak nyangka banget!! ^_^)

Setelah itu ada Press Conference, tapi aku nggak ikut. Yang ikut beberapa junior board, Datuk Sam Mannan, dan nggak tahu siapa… lupa….

Sehabis itu ya foto-foto. Pertamanya sih bukan aku yang foto-foto. Tapi, Dewi. Cuma, pas dia foto aku dipanggil. Terus ternyata, aku juga disuruh ikut. Yaudah, ikut aja.

Habis itu kami diantar ke halte dan menunggu bus. Kami menuju ke Kota Kinabalu. Di bus aku dan Dewi tertidur karena perut kami sangat sakit. Mungkin karena AC (Air Conditioner) terlalu dingin.

Sesampainya di terminal Kota Kinabalu, kami dijemput oleh konsul. Sesampainya, di kantor konsul kami disuruh makan. Menunya adalah masakan padang. Oh, iya saat kami dinner, kami dinner bersama pemain (junior umur dibawah 13 tahun) dari PSSI, karena besok mereka ada pertandingan dengan Vietnam.

Malamnya, aku, Dewi, Hilmy dan Zulfi diajak untuk menginap di rumah Bapak Konsul Indonesia di Kinabalu. Pas disitu aku tidur sama Dewi dan Zulfi dengan Hilmy. Pas malam-malam kami terkunci. Nggak tahu siapa yang ngunci.

Keesokan harinya….

Sebenarnya aku bangun pukul 05.45. Namun, karena Dewi minta bangun jam 6, ya, aku tidur dulu deh! Lalu, aku merasa ada yang mengguncang tubuhku. Ternyata ketika aku melihat… di kamar sudah ada Zulfi dan Hilmy yang membangunkan aku.

Lalu, kami jalan-jalan sebentar lihat kolam renang. Terus, kami mandi deh. Abis mandi kami langsung sarapan. Seusai sarapan kami diantar ke SIKK (Sekolah Indonesia Kota Kinabalu). Di sana banyak anak yang lebih tua dari aku dan masih kelas 5. Oh My God…. Awalnya, sih aku kaget banget. Cuma, ya mau gimana lagi. Adanya gitu.

Setelah itu aku mempresentasikan projectku yaitu Penyuling Air Tenaga Surya. Karena aku latihannya bahasa Inggris dan ada beberapa kata yang aku lupa. Jadi, ya agak gimana gitu. Lagian khan di sekolahku keseringan pakai bahasa Inggris. Kata Bu Is sampai lupa dengan bahasa sendiri….

Setelah itu, kami melihat pertandingan sepak bola Indonesia vs Vietnam. Ya, awalnya sih aku nggak nyangka bakal mencapai 5 gol. Jadi aku bilang gini sama Dewi “Yaudah deh Wi, kalau bisa 5-0, aku muterin lapangan ini 1x,” ucapku. “Okay, tapi janji lho ya!!” ucap Dewi dan kujawab dengan anggukanku…

Ternyata hasil akhir dari pertandingan Indonesia vs Vietnam 8-0. Sebenarnya sih aku nggak nyangka aja. Cuma, ya gitu. Mau diapain lagi???

Sehabis itu, kami membeli oleh-oleh di salah satu mall. Terus kami makan. Sehabis itu, kami beli harddisk dan flash disc di salah satu counter.

Setelah itu, kami diantar ke Wisma Indonesia. Hari ini kami menginap di situ. Malamnya, ada jamuan untuk makan malam dengan team PSSI itu. Sehabis itu, kami bermain-main ke Pantai. Asyik banget!!!

Setelah itu kami pulang dan langsung mandi. Habis mandi tidur deh. Paginya kami diantar ke airport. Kami transit di Brunei sekitar 2 jam. Disana aku membeli kaus dan snack. Setelah gate dibuka, kami langsung antri dan berangkat.

Sesampainya di Juanda, keluarga kami sudah menunggu. Kami sampai di Juanda sekitar jam 15.00, setelah itu kami pergi ke salah satu sekolah di Surabaya. Dan pulang ke Malang dengan selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.