Kunjungan ke Redaksi Jawa Pos Bersama 8 Mahasiswa China

Kunjungan ke redaksi Jawa Pos di lantai 4 Graha Pena Surabaya, Kamis (23/7), membawa kesan bagi 8 mahasiswa China simpatisan Tunas Hijau. Mereka adalah Zhao Qinhao, Linyujiao, Sun Yifeng, Li Hao, Wu Shaojing, Xiaohui Ye, Jiahui Chen dan Li Dandan yang masing-masing selama 2 bulan akan melakukan pembinaan lingkungan hidup di sekolah-sekolah di Surabaya dan sekitarnya bersama Tunas Hijau. Kesan yang didapat bukan karena ini adalah kesempatan pertama bagi mereka mengunjungi surat kabar harian di Indonesia.

Sun Yifeng atau biasa dipanggil Yvonne menggunakan kesempatan mengunjungi redaksi Jawa Pos untuk menceritakan pengalamannya selama 6 minggu bersama Tunas Hijau. Dikatakan Yvonne yang mahasiswa University of Nottingham Ningbo, China bahwa dia telah melakukan kegiatan lingkungan hidup di Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo, Probolinggo, Malang dan Batu. ”Semua kegiatan itu dilaksanakan sebagai bagian dari program magang lingkungan hidup bersama Tunas Hijau,” kata Yvonne.

Lebih lanjut dikatakan Yvonne bahwa tinggal di Surabaya memberikan kesan berarti bagi perjalanan hidupnya. ”Tinggal bersama keluarga di Surabaya membuat saya seperti berada di rumah sendiri. Namun, kondisi sungai-sungai di Surabaya umumnya masih kotor penuh dengan sampah non organik. Sering saya melihat banyak sungai mampet karena tumpukan sampah non organik yang dibuang sembarangan oleh masyarakat. Sering pula sungai mampet itu dibarengi dengan bau busuk,” kata Yvonne.

Menanggapi kondisi banyak sungai yang masih kotor itu Yvonne mengatakan bahwa pemerintah memegang peranan penting dalam mengubah perilaku warganya. ”Bila peraturan lingkungan hidup yang dibuat sudah bagus namun tidak dibarengi dengan realisasi yang tegas terhadap peraturan itu, maka hasilnya tidak maksimal. Pemerintah dituntut tegas dalam melaksanakan peraturan yang telah dibuat. Pendekatan pada masyarakat juga harus dilakukan dengan banyak cara,” kata Yvonne.

Kunjungan ke Jawa Pos ini dilakukan Tunas Hijau seusai melakukan kegiatan bagi-bagi balon pada pasien anak Rumah Sakit Islam Wonokromo Surabaya dalam rangka Hari Anak Nasional. Selain diikuti oleh beberapa aktivis senior Tunas Hijau, kunjungan ke Jawa Pos ini juga diikuti oleh Pangeran Lingkungan Hidup 2009 M. Gunawan Wibisono, Runner Up I Pangeran LH 2009 Firman Syarifudin dan Finalis Puteri LH Farah Dilla. Pada kunjungan itu rombongan Tunas Hijau diterima oleh Ketua Dewan Redaksi Jawa Pos M. Elman. (roni)