Pembinaan LH, Siswa SMA Santa Maria Surabaya Bersih-Bersih, Tanam Pohon, Bagikan Sembako dan Interview Masyarakat di Pantai Kenjeran

Pasang air laut kenjeran menyambut kedatangan rombongan siswa kelas XI SMA Santa Maria Surabaya yang akan melakukan observasi di sekitar pantai Nambangan Kenjeran Surabaya. Kunjungan siswa ke pantai Nambangan Kenjeran, Selasa (14/7), merupakan lanjutan kegiatan pembinaan lingkungan hidup siswa selama tiga hari yang diadakan 13-15 Juli 2009. Kondisi cuaca sangat terik hari itu tidak menyurutkan semangat siswa SMA Santa Maria Surabaya untuk melakukan kegiatan tentang pantai.

Di bawah terik matahari para siswa melakukan bersih-bersih sampah di sekitar pantai Nambangan Kenjeran. Mereka mengumpulkan sampah yang tidak bisa diuraikan untuk diangkut dan dibuang ke tempat yang semestinya, bukannya di laut. Pada awal kegiatan ini, siswa sangat bersemangat sekali untuk memungut sampah. Namun karung yang dibawa hanya tidak banyak dan waktu mereka juga tidak banyak, akhirnya mereka hanya mengumpulkan sepuluh karung sampah yang dipungut dari pantai Nambangan Kenjeran Surabaya.

Selama berada di Pantai Nambangan Kenjeran mereka tidak hanya melakukan bersih-bersih pantai saja. Mereka juga melakukan kunjungan ke penduduk sekitar, pedagang, dan pengunjung yang berada di pantai Nambangan Kenjeran. Mereka melakukan tanya jawab mengenai keadaan pantai Nambangan yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Sementara para siswa yang lain yang berlaga seperti reporter televisi meliput jalannya wawancara tersebut. Ini karena diantara output kegiatan ini ialah film pendek tentang pantai Kenjeran Surabaya.

Adapun yang ikut kegiatan di pantai Nambangan Kenjeran ini dibagi menjadi delapan kelompok kecil, yang di setiap kelompok ini membawa sembako untuk disumbangkan kepada warga sekitar ataupun pedagang di pantai Nambangan Kenjeran ini. Sembako tersebut antara lain: beras, gula pasir, mie instan dll. Meskipun tidak banyak, tetapi niat mereka untuk berbagi sangatlah tulus dan mulia.

Selain melakukan kegiatan di pantai nambangan kenjeran para siswa SMA Santa Maria Surabaya juga melakukan aksi tanam pohon yang dilakukan di sekitar sungai yang ada di pantai kenjeran lama. Mereka menggali bahu membahu menggali lubang dan menanam pohon. Meskipun ada kecelakaan kecil yang membuat bibir salah satu siswa berdarah, itu tidak menyurutkan anak tersebut untuk menyelesaikan kegiatan hingga akhir. ”Gak apa kok, Kak. Cuma kecelakaan kecil. Saya masih tetap semangat,” cetus seorang siswa yang mengalami sedikit kecelakaan tersebut. (narendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.