Hemat Air, Terbiasa Sikat Gigi Dengan Air Satu Gelas

Oleh: Runner Up III Puteri Lingkungan Hidup 2009 Salshabia Azura 

Runner Up III Puteri Lingkungan Hidup 2009 Salshabia Azura terkadang lupa bahwa berendam merupakan salah satu perilaku yang kurang hemat air. Namun, bagi siswa SD Al Muslim Wadungasri ini, upaya menghemat air merupakan salah satu hal yang wajib dikampanyekan kepada siapapun dan dimanapun dia berada. “Air merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan, sudah seharusnya kita menjaga kualitas dan keberadaan sumber mata air yang semakin hari semakin hilang,” ujar cewek kelahiran 10 Januari 1998.

Menurut Sasa, panggilan akrab Salshabia, banyak upaya yang dapat dilakukan untuk menghemat air, seperti mematikan kran air ketika bak kamar mandi sudah penuh. Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghemat air adalah membiasakan memberitahu orang tua untuk tidak menggunakan air mengalir ketika mencuci motor maupun mobil dan membiasakan menampung air sisa pakai untuk disiramkan ke tanaman. “Di keluarga saya, ada satu kebiasaan yang sudah dari dulu dilakukan, yakni menyikat gigi dengan hanya satu gelas air untuk bilas” ujar Salshabila Azura.

Ketika ditanyai mengenai kondisi air saat ini, Sasa mengatakan bahwa kondisi air saat ini sangat memperihatinkan, karena kebiasaan buruk manusia yang membuang sampah sembarang tanpa melihat resiko yang ditimbulkan akibat perilaku tersebut. Membuang sampah di sungai, lanjut Sasa, dapat berdampak banjir dan juga semakin memperburuk kualitas air. Padahal saat ini banyak sekali masyarakat perkotaan yang masih memanfaatkan air PDAM yang berasal dari air sungai.

Menurut Sasa, kondisi air saat ini masih bisa diperbaiki meskipun tidak menyeluruh. Namun, minimal tidak terlalu berdampak buruk bagi masyarakat yang mengkonsumsinya. Diantara upaya tersebut adalah menampung sisa makanan yang ada di piring yang hendak dicuci, membiasakan mematikan kran air ketika sudah tidak lagi diperlukan dan membiasakan menampung sisa air cucian atau air bekas wudhu untuk menyiram tanaman. Kita juga harus membiasakan menyikat gigi dengan hanya menggunakan air satu gelas saja. (adetya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.