Pembinaan Ketiga, Ajak Siswa SMP Negeri 5 Surabaya Menyusun Aksi

Sesi pembinaan lingkungan hidup kali ketiga di SMP Negeri 5 Surabaya dilakukan oleh Tunas Hijau bersama mahasiswa simpatisan dari China, Kamis (13/8). Pada sesi pembinaan ini difokuskan pada penyusunan rencana aksi lingkungan hidup sesuai dengan 3 tema yang dibahas pada dua pembinaan sebelumnya. Ketiga tema tersebut adalah polusi udara, polusi air dan carbon footprintatau jejak karbondioksida. Kelima mahasiswa China Ivy, Shelly, Li Dandan, Michael dan Li Hao bersama beberapa aktivis Tunas Hijau memandu penyusunan rencana aksi ini.

Pada kelompok polusi udara, rencana aksi yang disusun oleh kelompok polusi udara adalah kampanye anti udara kotor di dalam sekolah. Pada kampanye ini mereka akan mengajak seluruh warga SMP Negeri 5 Surabaya untuk mengurangi polusi udara yang dihasilkan. Beberapa media penyampaian seperti poster akan digunakan pada kampanye ini. Kelompok udara ini akan menampilkan drama anti udara kotor di aula sekolah pada saat istirahat. Kampanye pada para pengguna jalan juga akan dilakukan kelompok ini di depan sekolah atau perempatan lampu merah terdekat.

Kelompok polusi air berencana membuat penyaringan air berukuran besar (Water Filtration) untuk menyaring air yang kotor menjadi air yang bersih. Kelompok polusi air ini juga akan membuat membuat beberapa percobaan tentang permasalahan lingkungan hidup yang berhubungan dengan air. Percobaan yang akan dibuat adalah percobaan tentang hujan asam dan bahayanya bagi kehidupan manusia. Percobaan lain yang akan dibuat adalah siklus air. Beberapa percobaan yang akan dibuat juga akan dipamerkan di aula sekolah dan tempat publik untuk diketahui masyarakat.

Kelompok Carbon Footprint atau jejak karbondioksida menyusun aksi untuk mengajak masyarakat dan warga sekolah untuk mengurangi gas rumah kaca karbondioksida. Aksi yang akan dilakukan adalah kampanye turun jalan dengan membagikan brosur tentang pemanasan global pada para pengguna jalan. Kelompok ini juga akan menampilkan drama berjudul Masa Depan Tanpa Oksigen Dan Bumi Yang Semakin Panas. Pameran poster-poster upaya mengurangi gas karbondioksida juga akan dilakukan kelompok ini dengan menggerakkan seluruh kelas di SMP Negeri 5 Surabaya. (roni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.