Sambut Bulan Puasa, Kerja Bakti Bersihkan Sampah Pantai Kenjeran

Sekitar 250 orang melakukan kerja bakti membersihkan pantai Kenjeran Surabaya, tepatnya di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran sebelah selatan, Kamis (20/8). Tidak terkecuali Tunas Hijau dan empat mahasiswa China Chen Jiahui, Wu Shaojing, Li Hao dan Ye Xiaohui. Kerja bakti yang digelar dalam rangka peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan menyambut Bulan Suci Ramadhan dilaksanakan mulai pukul 06.00 wib. Beberapa sekolah sekitar juga nampah terlibat pada kegiatan untuk membuat pantai kebanggaan Surabaya itu bersih dari sampah non organik.

Satu per satu peserta kerja bakti mengambil sampah-sampah non organik yang didominasi sampah plastik pembungkus. Sebagian besar dari peserta kerja bakti menggunakan tangan kosong mereka untuk mengambil sampah di pantai. Sampah-sampah tersebut lantas dikumpulkan di kantong-kantong besar. Selanjutnya, semua sampah yang terkumpul dipindahkan ke TPA Sampah Benowo menggunakan truk pengangkut sampah. Sebagian besar sampah plastik yang tergolong jenis sampah lama tertimbun di dalam pasir pantai. Tidak sedikit sampah-sampah plastik pembungkus baru yang sengaja dibuang secara langsung oleh masyarakat di pantai itu.

Menurut salah seorang mahasiswa China simpatisan Tunas Hijau Chen Jiahui, yang akrab dipanggil Ivy, Pantai Kenjeran nampak sangat kotor dengan banyaknya sampah non organik yang menumpuk di sana. “Upaya bersih-bersih sampah yang pagi kita lakukan di pantai ini hanyalah salah satu upaya kecil saja yang bisa dilakukan saat ini. Lebih lanjut masyarakat di sekitar pantai dan masyarakat secara luas dilarang lagi membuang sampah sembarangan. Sampah yang dibuang sembarangan itu secara langsung dan tidak langsung akan menumpuk ke pantai ini,” kata Ivy setelah pelaksanaan kerja bakti.

Ditambahkan aktivis senior Tunas Hijau Bram Azzaino bahwa upaya non fisik, yaitu penyadaran masyarakat untuk mau membuang sampah pada tempatnya harus terus dilakukan secara optimal. “Masyarakat sekitar Pantai Kenjeran Surabaya khsusunya memiliki peranan penting dalam menciptakan pantai yang bersih. Hal ini penting, karena ada salah satu sudut pantai kenjeran yang kita coba bersihkan sampahnya tadi yang ternyata dijadikan tempat pembuangan akhir sampah oleh masyarakat,” kata Bram Azzaino. (roni)

Satu tanggapan untuk “Sambut Bulan Puasa, Kerja Bakti Bersihkan Sampah Pantai Kenjeran

  • Maret 30, 2020 pada 12:51
    Permalink

    Nama: Hanun Dzakiyyah Rahadatul Aisy
    No.peserta: 282
    Asal sekolah: SMP Negeri 42 Surabaya
    Proyek: mengoleh limbah dapur serta menggalakan hidup bersih dan sehat

    Alhamdulillah saya bisa Masuk di seleksi 3 pangeran putri LH

    Ini adalah pengalaman pertama saya mengikutinya dan tidak menyangka bisa lolos seleksi hingga sekarang mengikuti seleksi 3

    Saya yakin jika saya terus berusaha sebaik mungkim saya pasti bisa lolos seleksi Kali ini dan saya akan terus berusaha sebaik mungkin untuk membuat perubahan pada lingkungan saya, membuat warga peduli pada lingkungan dan tentunya memupuk sikap cinta alam sejak dini pada anak anak di sekitar lingkungan saya, dan tak lupa betapa pentingnya kesehatan bagi tubuh kita maupun bagi orang lain

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.