Peringati Hari Ozon Internasional, Siswa SDK Santa Theresia II Sebar Luaskan Pesan Peduli Ozon Pada Warga Sekolah

Christine Velinsya Noto kelas 4 SDK Santa Theresia II Surabaya mengatakan bahwa keberadaan lapisan Ozon sangat penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. “Ozon adalah lapisan di atmosfer yang melindungi bumi dari bahaya Ultra Violet. Keberadaan lapisan Ozon sangat penting bagi manusia khususnya anak-anak, karena radiasi Ultra Violet paling berbahaya bila mengenai kulit anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan,” kata Velinsya Noto sesaat setelah menyaksikan film kartun tentang Ozon bersama Tunas Hijau, Selasa (15/9).

Kegiatan dalam rangka Hari Ozon Internasional itu dilaksanakan di Ruang Perpustakaan SDK Santa Theresia II Surabaya, Jl. Kalijudan 25-33 Surabaya. Diikuti 40 siswa perwakilan kelas 3, 4, 5 dan 6, workshop itu dipandu oleh dua orang aktivis senior Tunas Hijau Mochamad Zamroni dan Bram Azzaino. Pada workshop yang berlangsung 150 menit itu, para siswa diajak memahami pentingnya lapisan Ozon, bahan perusak Ozon beserta penggunaannya dan bahaya radiasi Ultra Violet bagi tubuh manusia. Cara melindungi diri dari radiasi Ultra Violet juga menjadi target workshop ini.

CFC atau Cloro Fluoro Carbon adalah bahan kimia perusak Ozon yang memiliki banyak fungsi. “CFC pada kulkas dan pendingin ruangan (AC) berfungsi sebagai pendingin. CFC pada kaleng spray berfungsi sebagai tenaga pendorong sehingga cairan yang keluar dari kaleng itu memiliki tekanan lebih. Sedangkan CFC pada sterofoam berfungsi sebagai pengembang,” kata Zamroni. Pada barang-barang itu, pastikan bahwa ada logo “Non CFC” atau “CFC Free” atau “Ozone Friendly”.

Workshop ini juga ditindaklanjuti dengan menyebarluaskan pesan-pesan peduli Ozon kepada warga sekolah yang lain. Selesai pelaksanaan workshop, pada hari yang sama, setiap peserta diminta memberitahu sedikitnya dua orang lain tentang informasi yang didapat selama workshop. Mereka juga diminta mengecek logo ramah Ozon pada barang-barang yang digunakan di rumah. “Pastikan kulkas, pendingin ruangan, kaleng spray dan pemadam kebakaran yang ada di rumah sudah berlabel ramah Ozon,” kata Bram Azzaino. “Untuk penggunaan wadah makanan dari sterofoam, pastikan ada label ramah Ozon di baliknya,” pesan Bram. (roni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.