Penggunaan Air Di Hotel

oleh Runner Up II Pangeran Lingkungan Hidup 2009 Gifari Perwira Z.

Nama saya Gifari Perwira Zikrian atau biasa dipanggil Arik. Saya menetap di hotel karena mengikuti Papa saya yang mendapatkan fasilitas dinas. Di hotel, air biasanya digunakan untuk kegiatan di hotel antara lain untuk mandi, memasak dan mencuci.Airnya menggunakan sumber dari perusahaan daerah air minum Surabaya, karena air tanah yang ada kualitasnya tidak layak untuk digunakan.

Menurut informasi, rata-rata penggunaan air oleh tamu sebesar 300 liter per orang/hari. Limbah air yang dihasilkan oleh hotel ditampung dalam beberapa bak penampungan untuk dilakukan pengolahan limbah, sehingga air yang dibuang sudah tidak berbahaya bagi lingkungan hidup. Bagi tamu hotel yang merasa sudah membayar jasa sewa kamar termasuk fasilitas airnya, terkadang kurang memiliki kesadaran untuk menghemat air.

Untuk menyadarkan pentingnya menghemat air itu, pihak hotel sering memberikan himbauan dan kampanye kepada seluruh tamu melalui stiker di setiap kamar mandi dan sosialisasi/kampanye kepada seluruh karyawan tentang pentingnya menggunakan air sesuai kebutuhan. Evaluasi juga terus dilakukan dan temuan-temuan di lapangan ditindaklanjuti secara rutin.

Menurut saya, penggunaan air di hotel lebih besar dibandingkan dengan di rumah. Hal ini disebabkan penggunaan air di hotel ditujukan untuk kegiatan bisnis. Namun penggunaan air dari sumber air perusahaan daerah air minum yang berasal dari air limbah sungai Surabaya lebih baik jika dibandingkan menggunakan air tanah.

Namun patut diingat bahwa untuk mendapatkan air bersih perusahan daerah air minum Surabaya memerlukan proses yang sangat panjang dan membutuhkan biaya. Waktu yang dibutuhkan juga tidak sedikit dan berdampak terhadap lingkungan hidup, sehingga upaya untuk menghemat penggunaan air sangat perlu ditingkatkan untuk mengurangi kerusakan lingkungan hidup yang lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.