Siswa Kelas I SD YPJ KK Bingung Pahami Pengertian Sampah Umum

Kuala Kencana- Dengan hati-hati Dexon menggunting potongan gambar sampah organik pada kertas gambar kumpulan jenis-jenis sampah yang dibagikan Tunas Hijau. Dexon tidak hanya menempelkan potongan-potongan gambar tersebut, melainkan juga membedakan jenis-jenis sampah. Mengingat,  Dexon dan teman-temannya juga mendapat satu potongan gambar tong sampah dari 3 jenis, yakni warna kuning untuk sampah plastik, warna biru untuk sampah umum dan merah untuk sampah organik, seperti tempat sampah yang diberlakukan di Kuala Kencana, Mimika. Guntingan contoh sampah dan tong sampah tersebut ditempel menjadi satu di kertas ukuran A5 yang telah disediakan oleh Tunas Hijau.

Bermain tempel menempel tersebut menjadi bagian pada pembinaan lingkungan hidup tentang pemilahan sampah, Rabu (28/10) pagi. Pembinaan itu dilaksanakan di kelas I A dan I B Sekolah YPJ Kuala Kencana. Nampak sekitar 50 siswa mengikuti kelas I mengikuti pembinaan tersebut. Kali ini Tunas Hijau mengawali kegiatan dengan mengajak puluhan siswa tersebut berburu sampah non organik di lapangan sekolah. Tak lebih dari satu menit puluhan siswa tersebut berhasil membawa sampah lebih dari satu.

Tidak lama setelah itu, Tunas Hijau kembali mengajak puluhan siswa tersebut untuk masuk ke kelas. Di dalam kelas mereka diajak menyimak gambar-gambar jenis-jenis sampah yang ada di Sekolah YPJ Kuala Kencana. Sampah-sampah tersebut terdiri dari tiga jenis, yakni sampah kuning untuk sampah plastik, sampah merah untuk organik dan sampah biru untuk sampah umum.

Menurut pengamatan Tunas Hijau, dari ketiga jenis sampah tersebut adalah sampah umum yang paling sulit dipahami oleh siswa. Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa sampah umum itu adalah sampah yang biasanya mereka temui yakni sampah plastik dan gelas air mineral. Padahal sampah umum terdiri dari sampah kertas, kardus, kaleng dan tisu. Untuk menghidari kebingungan tersebut, para siswa lantas diberikan sedikit tugas menempel contoh-contoh sampah sesuai jenisnya. Pembinaan tersebut juga dilakukan pada para siswa SD kelas I C dan I D. Pada kelas I C dan I D, Tunas Hijau tidak hanya menyampaikan tentang jenis-jenis sampah yang ada di YPJ Kuala Kencana, melainkan juga memberikan informasi tentang lapisan Ozon yang semakin hari lubangnya semakin melebar. (adet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.