100 Siswa SMAK Stanislaus Melukis Body Becak Dengan Pesan Peduli Lingkungan Hidup

Sekitar 100 siswa SMAK Santo Stanislaus Surabaya bersama-sama melukis Body Becak dengan pesan peduli lingkungan hidup, Minggu (29/11), pukul 08.00 – 12.00 Wib, di halaman SMAK Santo Stanislaus Surabaya, Jl. Kalijudan 25-33 Surabaya. Dua puluh becak dilukis pada kegiatan yang diadakan SMAK Santo Stanislaus Surabaya bersama Tunas Hijau – kids & young people do actions for a better earth.

Menurut Kepala SMAK Stanislaus Surabaya Lusia Krismi, Becak sengaja dipilih sebagai representasi alat transportasi umum yang ramah lingkungan hidup yang semakin terpinggirkan. “Sedangkan pesan ramah lingkungan hidup sengaja dipilih karena semakin buruknya dampak pemanasan global yang dirasakan di muka Bumi ini. Harapannya, semakin banyak masyarakat yang peduli lingkungan hidup dengan melakukan tindakan-tindakan nyata meskipun sederhana,” kata Lusia Krismi.

Pada kegiatan yang juga dilombakan ini, para siswa tidak hanya melukis pesan lingkungan hidup secara langsung pada body becak yang ada. Mereka bahkan harus memastikan body becak yang akan dicat sudah cukup halus sebelum goresan cat baru dengan motif peduli lingkungan hidup menutupinya. Pelepasan roda dan beberapa bagian becak juga mereka lakukan para siswa dibantu para pemilik becak.

Dua puluh becak yang dilukis dengan pesan peduli lingkungan hidup ini merupakan becak-becak yang selama ini beroperasi di sekitar SMAK Santo Stanislaus Surabaya, di kawasan Kalijudan Surabaya. Untuk mengganti jam kerja para pengayuh becak tersebut, sekolah juga memberikan uang pengganti jam kerja sebesar Rp. 50.000,-. Namun, tidak ada kekecewaan sedikit pun yang nampak dari para pemilik Becak itu. Para pemilik Becak itu bahkan terus berinteraksi dengan para peserta.

Pada kegiatan ini akan dipilih 3 kelompok dengan lukisan pesan lingkungan hidup terbaik. Juara I, II dan III berturut-turut akan mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar masing-masing Rp. 250.000,-; Rp. 150.000,-; dan Rp. 100.000,-. Kriteria penilaian meliputi kreatifitas, pesan lingkungan hidup dan citra SMAK Stanislaus Surabaya. Melukis Body Becak ini adalah satu dari banyak kegiatan peduli lingkungan hidup yang dilakukan SMAK Santo Stanislaus Surabaya bersama Tunas Hijau. Tujuannya, untuk menciptakan sekolah yang peduli dan berwawasan lingkungan hidup. (ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.