28 Anak Ikuti Seleksi I Hari I Pangput LH 2009 Malang Raya

Malang– Perhelatan pangeran & puteri (pangput) lingkungan hidup 2009 Malang raya dihelat mulai hari ini, Jum’at (20/11). Dua puluh delapan peserta dari lima sekolah di Malang berkumpul di aula Nadya Women Centre untuk mengikuti seleksi I hari I. Mereka adalah SD Islam Sabilillah Malang dan SDN Purwantoro 1 Malang yang kebagian mengikuti seleksi pada pagi hari. Sedangkan seleksi pada siang hari diikuti oleh peserta dari SMP Negeri 8, SMP Negeri 10 dan SMP Negeri 21 Malang.

Pada seleksi pertama ini, peserta mengikuti seleksi tes tulis. Dalam tes tulis ini peserta menjawab pertanyaan obyektif dan subyektif tentang pengetahuan umum lingkungan hidup. Meskipun waktu yang diberikan 60 menit, namun para peserta bisa menyelesaikan tes tulis ini tidak lebih dari 45 menit. Setelah tes tulis, tepat pukul 09.30 wib seleksi presentasi proyek lingkungan hidup dimulai. Presentasi proyek lingkungan hidup diawali dengan proyek membuat kertas catatan dari kertas bekas dari siswi SD Islam Sabilillah Malang Lukita Azizah.

Lain halnya dengan Aliva Erhan Sefira Asrikamongga, peserta dari SD Islam Sabilillah Malang ini mempresentasikan proyek lingkungan hidupnya seperti seorang ibu yang sedang mendongeng pada anaknya. Aliva Erhan S. mempresentasikan proyeknya dengan nada suara yang khas dan penuh kesabaran. “Ih, anak ini seperti mendongeng lingkungan hidup. Mirip seperti gaya mama saya,” ujar Bram Azzaino, aktivis senior Tunas Hijau yang juga sebagai ketua juri seleksi I.

Dari waktu yang diberikan panitia 10 menit untuk presentasi proyek lingkungan hidup, namun banyak peserta hanya membutuhkan 5 menit untuk menjelaskan proyek lingkungan hidupnya. Meskipun itu mereka dapat menjelaskan dengan baik. Bila seleksi sesi pagi dilaksanakan tepat waktu, tidak demikian halnya dengan sesi siang. Sesi siang mundur sejam dari waktu yang dijawalkan. Kemunduran ini disebabkan hujan deras yang mengguyur Kota Malang. Di sesi kedua ini para peserta aktif bertanya pada sesi presentasi. Seperti halnya Ratna Nur Oktavia, peserta dari SMP Negeri 21 Malang ini sangat aktif bertanya kepada peserta lain terutama pada proyek lingkungan hidup yang baru dia ketahui.

Menurut Direktur Pangeran & Putri Lingkungan Hidup 2009 Malang Raya Nizam Wahyu Ardhika, seleksi I hari I ini berjalan sangat lancar. “Para peserta nampak tidak hanya bingung menyiapkan agar presentasinya berjalan lancar. Mereka juga nampak sangat tertarik dengan inovasi-inovasi kegiatan baru yang dikembangkan oleh peserta lain. Hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta lain saat presentasi proyek lingkungan hidup,” kata Nizam Wahyu Ardhika. Ditambahkan Nizam bahwa penguasaan materi para peserta juga sudah bagus dan ada peningkatan dari pelaksanaan tahun sebelumnya. (zam/brm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.