Pelatihan Daur Ulang Kertas SDK Johannes Gabriel Surabaya

Surabaya- Sadarkah kita bahwa kertas yang kita gunakan sehari-hari berasal dari penebangan pohon. Jika tidak, ada baiknya kita mulai bersikap bijaksana dalam menggunakan kertas. Didasari hal itulah para siswa SDK Johannes Gabriel yang tergabung dalam tim lingkungan hidup belajar mendaur ulang kertas di sekolahnya. Begitu bersemangatnya para siswa itu, samppai tidak menghiraukan sinar mentari yang menyengat saat itu. Mereka tetap menikmati seolah tidak terusik dengan dengan cuaca panas kala siang itu.

Bertempat di halaman SDK Johannes Gabriel Surabaya, Kamis (5/11), James Ogilvie simpatisan Tunas Hijau dari Inggris mengajari tentang mendaur ulang kertas. Dengan memanfaatkan kertas koran bekas, mereka mulai diajak untuk membuat kertas daur ulang. Pertama, kertas disobek kecil-kecil untuk memudahkan diblender, kira-kira seperti  itu yang James coba jelaskan dengan bahasa tubuh yang komunikatif. Maklum saja karena dia tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia, namun hal itu tidak menghalanginya untuk berbagi pengetahuan dengan para siswa di SDK Johannes Gabriel Surabaya.

Ketertarikan para siswa tergambar jelas di setiap wajahnya. Terbukti begitu perhatiannya mereka saat mendapatkan penjelasan. Bahkan pada saat sesi mencoba membuat sendiri, mereka saling berebut untuk mencetak kertas daur ulang. Baju basah atau kotor terkena bubur kertas seakan tak mereka pedulikan. Semangat seperti inilah yang patut ditiru semua orang. Tanpa kenal lelah, mereka berusaha melakukan aksi nyata untuk membantu menyelamatkan lingkungan hidup.

Di akhir sesi, siswa diajak untuk menuliskan cara tentang mendaur ulang kertas yang mereka pelajari di selembar kertas. Tentang kenapa perlu untuk mendaur ulang kertas dan cara-cara membuat kertas daur ulang. Tujuannya supaya pengetahuan yang mereka dapatkan tidak akan hilang begitu saja, namun dapat tetap diingat untuk diterapkan lagi. (don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.