Pembekalan Calon Peserta Pangput LH SMP Negeri 10 Malang, Siswa Diajak Observasi Sekolah

Malang- Tunas Hijau mulai gencar melakukan pembekalan di sekolah-sekolah untuk persiapan program penganugerahan pangeran dan puteri lingkungan hidup (Pangput) Malang raya 2009.  Hari ini, Selasa (3/11), pembekalan dilakukan di SMP Negeri 10 Malang. Sebanyak enam pasang atau dua belas siswa mengikuti pembekalan program tersebut. Menurut Kepala SMP Negeri 10 Malang Supandi saat pembekalan, dua belas siswa tersebut akan diikutsertakan program Pangput Malang Raya 2009.

Pada pembekalan ini, Tunas Hijau memberikan penjelasan tentang program pangeran dan putri lingkungan hidup 2009 Malang raya. Penjelasan yang diberikan meliputi definisi program, persyaratan mengikuti program, tahapan seleksi program dan kegiatan pascaprogram. Mengenai definisi program, dijelaskan aktivis senior Tunas Hijau Nizam Wahyu Ardhika bahwa program pangenugerahan pangeran dan puteri lingkungan hidup bukan program pemilihan siswa dari kecantikan atau ketampanan.

“Penganugerahan pangeran dan puteri lingkungan hidup adalah program yang ingin mengajak para siswa SD dan SMP secara individu peduli lingkungan hidup dengan melakukan tindakan nyata. Tindakan nyata itu berupa project lingkungan hidup yang merupakan kiprah nyata anak menyikapai permasalahan lingkungan hidup yang ada,” kata Nizam Wahyu Ardhika di depan dua belas calon peserta. Di Malang raya, program ini, tahun ini adalah pelaksanaan kali kedua setelah yang pertama pada akhir 2008.

Tentang persyaratan peserta yang harus memiliki proyek lingkungan hidup sebelum mendaftar, Nizam menjelaskan bahwa proyek itu tidak harus yang membutuhkan uang. Nizam lantas mengajak keenam pasangan tersebut untuk observasi kondisi sekolah mereka. Pada saat observasi itu Tunas Hijau mengajak mereka membuat daftar tentang permasalahan lingkungan hidup yang ada di sekolah. “Dari permasalahan yang ada itu kalian bisa memulai proyeknya,” terang Nizam. Pembekalan ini berjalan dengan aktif dengan keingintahuan siswa yang sangat tinggi. (zam/ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.