Pembinaan Lingkungan Hidup SMAK St. Stanislaus Surabaya

Surabaya- Banyak fasilitas namun belum termanfaatkan sepenuhnya oleh siswa, demikianlah salah satu poin yang disampaikan oleh perwakilan siswa SMAK St Stanislaus pada saat pembinaan lingkungan hidup Tunas Hijau, Kamis (5/11). Bertempat di aula sekolahnya, 30 siswa perwakilan kelas SMAK St Stanislaus berusaha menemukan ide-ide baru untuk membuat teman-teman di sekolahnya lebih peduli terhadap lingkungan hidup. Acara yang berlangsung 2 jam ini cukup memberikan input baru bagi mereka untuk membuat perubahan di sekolahnya.

Diawal sesi, setiap siswa diajak untuk mempunyai 1 ide untuk membuat lingkungan hidup di sekolahnya menjadi lebih baik. Dari ide-ide yang mereka lontarkan tercipta benang merah tentang keinginan mereka, yaitu perbaikan permasalahan sampah di sekolahnya, penghijauan dan mengubah kebiasaan teman-temannya supaya lebih ramah lingkungan hidup. Selanjutnya mereka dibagi menjadi 3 kelompok untuk membuat rencana kegiatan terkait ide-ide yang telah mereka sampaikan.

Sesungguhnya banyak dari mereka yang mempunyai kepedulian, namun masih bingung apa yang bisa dilakukan. Dengan terbaginya mereka ke dalam 3 kelompok tersebut, diharapkan dapat mewujudkan ide-idenya. Ini dikarenakan dapat lebih terkordinir dan memudahkan mereka melakukan kegiatan untuk perbaikan lingkungan hidup di sekolahnya. Dengan bersemangat pula mereka berjanji untuk tidak sekedar mengeluarkan ide, namun akan mencoba mewujudkannya juga.

Di akhir sesi, mereka sempat diajak untuk melakukan observasi keadaan lingkungan hidup terhadap pemukiman yang terletak di sekitar sekolah mereka. Hasil dari observasi ini untuk memberikan challenge kepada mereka, apa yang bisa mereka lakukan di tingkat sekolah, namun juga dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar. Tentunya terkait dengan perbaikan lingkungan hidup. (don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.