Pembinaan Sampah SDN Medokan Semampir I Dan II

Surabaya- Setiap orang pasti ingin lingkungan hidup sekitarnya bersih dan nyaman untuk ditempati. Demikian juga dengan para siswa SDN Medokan Semampir I dan II. Pada saat pembinaan lingkungan hidup Tunas Hijau, Rabu (4/11) pagi, terungkap betapa inginnya mereka memiliki sekolah yang bersih dan bebas dari sampah berserakan. Beberapa dari mereka bahkan sering menegur teman-temannya yang membuang sampah sembarangan.

Pada pembinaan kali ini, para siswa diajak untuk mengenali jenis sampah organik dan non-organik. Selain itu mereka diajak untuk melakukan aksi nyata membersihkan sekolahnya dari sampah yang berserakan. Ternyata masih banyak siswa yang bingung membedakan antara sampah organik dan non-organik. Pada saat diajak untuk bermain pemilahan sampah oleh aktivis Tunas Hijau Afif Amirullah, terlihat betapa bingungnya mereka.

Dengan menggunakan 2 jenis tempat sampah, mereka diajak untuk memilah sampah. Namun, masih banyak juga yang salah menempatkan sampah sesuai jenisnya. Setelah diberikan penjelasan, mereka mulai memilah lagi sesuai dengan jenisnya. Kegembiraan terlihat jelas di wajah mereka setelah mendapatkan pengetahuan baru tentang jenis-jenis sampah. Selain itu, saat aksi membersihkan sekolah, simpatisan Tunas Hijau dari Inggris James Ogilvie tak segan membantu para siswa mengambil sampah yang berserakan.

Terkadang banyak orang yang tidak mau menjaga lingkungan hidup bukan karena tidak mau. Tapi lebih banyak diakibatkan karena ketidaktahuan mereka tentang dampak yang akan dihasilkan. Dengan semakin banyaknya pengetahuan lingkungan hidup yang diketahui oleh orang banyak, maka diharapkan lebih baiknya kualitas lingkungan hidup kita di masa yang akan datang. (don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.