Peringati Hari Cinta Puspa Dan Satwa Nasional, Siswa SD Al Muslim Wadungasri Identifikasi Satwa KBS

Bak seorang mahasiswa kedokteran hewan semester akhir, Attahaya Ershandi, siswa SD Al Muslim Wadungasri, mencoba untuk mengindentifikasi perilaku Orang Utan yang ada di Kebun Binatang Surabaya, Kamis (5/11). Bukan hanya Attahaya saja, melainkan juga sekitar 40 siswa SD Al Muslim Wadungasri lainnya juga terlihat begitu serius mencatat informasi tentang satwa dan juga mengamati perilaku mereka. Indentifikasi tersebut digelar SD Al Muslim Wadungasri guna memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang setiap tahunnya diperingati setiap 5 November.

Pada rencana awal, siswa-siswi SD Al Muslim Wadungasri bukan mengindentifikasi hewan melainkan memberi makan hewan. Namun, peraturan yang ada di Kebun Binatang Surabaya tidak memperkenankan pengunjung memberi makan hewan, akhirnya rombongan SD Al Muslim Wadungasri menggantinya dengan melakukan pengamatan tentang perilaku satwa yang ada di Kebun Binatang Surabaya. “Tidak apa-apa meskipun hanya mengamati hewan, yang penting kita sudah datang ke Kebun Binatang dan belajar tentang satwa yang ada disini,” ujar Shadat siswa kelas 5 SD Al Muslim Wadungasri.

Sebelum melakukan indentifikasi, Tunas Hijau yang menjadi pendamping rombongan tersebut terlebih dahulu membagi siswa-siswi SD Al Muslim Wadungasri yang berasal dari kelas 3-5 menjadi 6 kelompok. Setiap kelompok mendapat tugas mengidentifikasi 5 hewan. Indentifikasi tersebut meliputi informasi tentang satwa, ciri-ciri satwa tersebut, keunikan, habitat, permasalahan yang dihadapi oleh satwa hewan serta solusi untuk menanggulangi masalah habitat satwa tersebut.

Setelah tugas tersebut dibagikan, keenam kelompok tersebut berpencar mengidentifikasi hewan yang ada di Kebun Binatang Surabaya. Diantara sekian banyak hewan yang diidentifikasi, ada satu hewan yang menjadi favorit rombongan SD Al Muslim Wadungasri yakni Onta. Hewan asli Timur Tengah ini, selain tidak berbau juga ramah. Bahkan beberapa siswa berani memberikan kacang mereka untuk hewan yang habitatnya di gurun pasir ini.

Selain identifikasi hewan, rombongan Al Muslim Wadungasri juga sempat menyaksikan Animal Show atau panggung pertunjukkan hewan yang ada di dalam Kebun Binatang Surabaya. Berbagai macam atraksi hewan yang sudah terlatih ditampilkan, diantaranya burung Beo yang asli dari Meksiko mampu membedakan 3 warna gelas yang berbeda. Pada akhir kegiatan, siswa-siswi SD Al Muslim Wadung Asri menyampaikan hasil indentifikasi hewan-hewan tersebut. (det)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *