Bersih-Bersih, Pembibitan dan Pengolahan Sampah Sisa Makanan Di SDN Babat Jerawat I

Surabaya- Tidak terlihat sedikitpun raut muka terpaksa pada puluhan siswa SDN Babat Jerawat I Surabaya ketika melakukan pembibitan tanaman bersama Tunas Hijau, Minggu (6/12). Meskipun sebagian besar keringat sudah membasahi siswa-siswi SDN Babat Jerawat I Surabaya yang tergabung dalam tim lingkungan hidup SDN Babat Jerawat I Surabaya. Aktivitas pembibitan ini diikuti sekitar 30 siswa-siswi kelas IV dan V SDN Babat Jerawat I Surabaya.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 sempat terhenti karena lapangan sekolah digunakan untuk parkir sepeda motor peserta jalan sehat se-Kecamatan Pakal Surabaya. Selain pembibitan, berbagai aktivitas lainnya dilakukan yakni membersihkan green house SDN Babat Jerawat I Surabaya, pemilahan sampah, pengolahan sampah basah dan workshop lingkungan hidup. Semua aktivitas tersebut dilakukan bersama Tunas Hijau.

Menurut aktivis Tunas Hijau Adetya Firmansyah, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian siswa SDN Babat Jerawat terhadap kondisi sekolah. Apalagi SDN Babat Jerawat I Surabaya merupakan salah satu sekolah yang berencana mengikuti program Adiwiyata atau Sekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Hidup. ”30 siswa ini akan jadi motor penggerak program-program lingkungan hidup yang digelar oleh SDN Babat Jerawat I Surabaya,” ujar Adetya.

Beberapa jenis tanaman yang dibibit oleh anggota Tim Lingkungan Hidup SDN Babat Jerawat I Surabaya diantaranya Sansivera (Lidah Mertua), Labu China, Palem Putri – ikon SDN Babat Jerawat I Surabaya dan Aloevera (Lidah Buaya). Sekitar 200 bibit tanaman dari beberapa jenis tersebut ditanam oleh tim lingkungan hidup SDN Babat Jerawat I Surabaya. Sesaat setelah pembibitan, puluhan siswa yang rela meluangkan hari liburnya untuk mengikuti kegiatan lingkungan hidup tersebut secara bahu-membahu membersihkan green house SDN Babat Jerawat I Surabaya.

Pada awalnya kondisi green house SDN Babat Jerawat I Surabaya begitu memperihatinkan. Hampir semua tanamannya sudah mati dan tanah yang ada di pot-pot semuanya mengering. Melihat kondisi ini, beberapa siswa berinisiatif menata ulang tanaman yang ada di green house SDN Babat Jerawat I Surabaya. Beruntunglah sebelum pelaksanaan kegiatan ini, siswa kelas I dan II membawa tanaman hias berbagai jenis seperti Ephorbia, Melati, Puring dan beberapa jenis tanaman lainnya.

Pada sesi akhir, tim lingkungan hidup SDN Babat Jerawat I Surabaya membenahi jenis-jenis tanaman yang ada di green house. ”Akhirnya green house kami hijau dan bersih kembali tidak seperti sebelumnya. Kami janji akan menjaga dan merawatnya,” ujar Rival Kurniadianal, salah satu siswa. Pada kegiatan ini, siswa juga diajak untuk mengolah sampah sisa makan siang mereka. Berbekal komposter pengolah sampah basah, Tunas Hijau memberikan pengetahuan tentang cara mengolah keranjang komposter tersebut. (det) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.