Ketentuan Karantina Finalis Pangeran Dan Puteri Lingkungan Hidup 2009 Malang Raya

Malang- Program penganugerahan pageran dan puteri lingkungan hidup 2009 Malang raya telah memasuki tahapan akhir seleksi. Dua puluh sembilan finalis akan memasuki masa karantina atau pembekalan 2 hari tentang lingkungan hidup. Karantina akan dilaksanakan di Coban Rondo, Kabupaten Malang. Karantina akan dilaksanakan 11-12 Desember 2009. Sedangkan jadwal kegiatan selama karantina akan disampaikan secara online di website ini pada Kamis, 10 Desember 2009.

Berikut ini beberapa pertanyaan dan jawaban seputar karantina finalis pangeran dan puteri lingkungan hidup 2009 Malang raya.

Mengapa perlu tahapan karantina atau pembekalan lingkungan hidup selama beberapa hari?

Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup adalah program yang dikhususkan bagi anak-anak. Dan para finalis membutuhkan banyak tambahan pengetahuan lingkungan hidup untuk dapat lebih berkiprah sebagai pejuang-pejuang lingkungan hidup sesuai karakteristik anak-anak. Tambahan pengetahuan ini diharapkan dapat dipenuhi dengan karantina atau pembekalan dua hari ini.

Mengapa karantina harus menginap?

Program Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup bukan program yang hanya berakhir pada grand final setelah terpilih pangeran dan puteri lingkungan hidup. Namun, kiprah nyata pada lingkungan hidup para finalis setelah grand final lebih diutamakan. Para finalis pada masa karantina akan diajak menyusun program lingkungan hidup yang akan dilakukan selama setahun. Untuk realisasi dari rencana program itu maka dibutuhkan kebersamaan yang diharapkan dapat terbentuk diantara para finalis selama masa karantina dan menginap dua malam.

Apakah orang tua atau guru diijinkan berkunjung?

Orang tua atau guru diijinkan berkunjung selama masa karantina pada jam-jam yang telah ditentukan, yaitu pada pukul 06.00 – 07.30 WIB dan 17.00 – 19.00 WIB di Coban Rondo, Kabupaten Malang. Selain jam berkunjung tersebut siapapun dilarang melakukan kunjungan, karena selama karantina finalis tidak hanya berkegiatan di Coban Rondo, Kabupaten Malang.

Apa saja kegiatan para finalis selama masa karantina?

Selama masa karantina para finalis akan diajak melakukan kunjungan lapangan ke tempat-tempat yang bernuansa lingkungan hidup seperti Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Supit Urang. Di TPA Supit Urang ini para finalis bisa mengetahui lebih dekat bagaimana sampah tidak terolah yang dihasilkan seluruh warga Malang dikumpulkan di satu tempat dan memunculkan satu gunung baru, yaitu “gunung” sampah.

Beberapa isu global seperti perubahan iklim, pemanasan global dan lapisan Ozon juga akan dipelajari selama karantina atau pembekalan 3 hari ini. Isu lokal sampah dan cara pengolahannya juga akan diajarkan pada para finalis dengan menggunakan beberapa metode. Pengetahuan lain tentang lingkungan hidup juga akan dipelajari pada masa karantina ini. Kerjasama tim termasuk diantara yang dibentuk pada karantina.

Tidak hanya pembekalan lingkungan hidup yang akan diberikan pada masa karantina ini. Para finalis juga akan dinilai tentang keaktifan, wawasan lingkungan hidup dan kerjasama tim.

Apakah tidak ada penghargaan bagi finalis yang telah lolos beberapa tahapan seleksi pangeran dan puteri lingkungan hidup 2009 Malang raya?

Tunas Hijau tidak hanya akan memberikan penghargaan kepada 10 orang pemenang saja. Kedua puluh orang finalis juga akan mendapatkan piagam penghargaan.

 

Apa barang atau perlengkapan yang harus dibawa oleh finalis selama karantina?

·     Seragam sekolah (terpakai saat hari pertama mulai registrasi)

·     Seragam olah raga

·     Baju bebas/ganti

·     Perlengkapan mandi

·     Perlengkapan sholat

·     Obat-obatan pribadi

·     Alat tulis menulis

·     Botol minum pribadi

·     Lotion anti nyamuk

·     Masker penutup hidung

·     Tas pinggang

·     Topi

·     Jaket atau selimut

·     Jas hujan

·     Tas kresek besar

Apa barang atau perlengkapan yang dilarang dibawa oleh finalis selama karantina?

·     Senjata tajam

·     Senjata api

·     Bahan mudah terbakar

·     Perhiasan

·     Barang-barang elektronik termasuk hand phone

·     Minuman keras

·     Narkoba

·     Rokok

Apakah ada ketentuan lain bagi para finalis selama masa karantina?

·     Panitia tidak bertanggung jawab atas kerusakan maupun kehilangan barang finalis

·     Selama masa karantina tidak diperkenankan berpisah dengan rombongan

·     Selama masa karantina finalis diwajibkan mengikuti aturan serta ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia

·     Finalis diwajibkan mengikuti seluruh kegiatan yang telah disusun panitia

·     Bagi orang tua yang hendak menjenguk finalis tidak diperkenankan membawa makanan yang dibungkus dengan sterofoam

·     Tidak diperkenankan membuang sampah sembarangan

·     Finalis tidak diperkenankan begadang selama masa karantina

·     Selalu membiasakan membersihkan atau membereskan barang-barang pribadinya

·     Selalu tepat waktu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.