Para Finalis Pangput 2009 Malang Raya Membuat Media Kampanye LH

Malang- Setelah berbagi cerita di SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang, di sesi kedua setelah istirahat siang, para finalis membuat media kampanye lingkungan hidup. Mereka terbagi menjadi 3 kelompok pembuatan. Selanjutnya, ketiga media itu digunakan kampanye lingkungan hidup di pusat perbelanjaan yang ramai pengunjung di Malang Town Square.

Berbagai macam bentuk media kampanye lingkungan hidup yang dibuat masing-masing kelompok. Kelompok kedua misalnya, mereka membuat topi dari daun kering layaknya topi yang ada di film laskar pelangi. Berbeda lagi kelompok ketiga, ada dua maskot yang diperankan oleh finalis pangeran Dhiksa dan Yanuar. Dhiksa dan Yanuar menggambarkan sampah organik dan sampah non organik.

“Kak, aku bikin poster ukuran A5 ya. Nanti kuberikan kepada pengunjung Malang Town Square,” ujar Megavia, finalis dari SDN Purwantoro 1 Kota Malang. Selain itu, meraka juga membuat yel-yel lingkungan hidup yang akan dinyanyikan pada waktu kampanye di Malang Town Square. Setelah semua selesai, mereka diminta untuk gladi bersih baik secara atribut maupun yel-yel dan juga pesan-pesan lingkungan hidup yang akan disampaikan kepada orang lain.

Untuk media kampanye ini memang ada beberapa ketentuan. Finalis diharuskan menggunakan barang bekas dan tidak memakai streofoam. Panitia juga menyediakan karton putih 3 lembar untuk tiap kelompok serta cat 5 warna untuk penunjang media kampanye yang dibuat. “Pembuatan media kampanye lingkungan hidup ini adalah salah satu cara membuat para finalis mensosialisasikan kepada masyarakat tentang keharusan peduli lingkungan hidup. Ini adalah bukti bahwa para finalis, meskipun masih anak-anak, adalah agen-agen perubahan lingkungan hidup. (zam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.