Tanam 80 Pohon Sepanjang Medokan Semampir Surabaya

Surabaya- Berbagai upaya dapat dilakukan untuk membunyikan pesan-pesan peduli lingkungan hidup terkait dengan upaya menghambat lajunya perubahan ikim. Mulai dari sekedar tindakan yang terkesan begitu anarkis hingga kegiatan yang tidak hanya sekedar ngomong, melainkan aksi nyata. Seperti yang dilakukan oleh 60 siswa SD Katolik Santa Angela Surabaya, Sabtu (19/12) pagi, yang bersama Tunas Hijau menggelar tanam pohon sebagai upaya nyata untuk membuat Bumi lebih sejuk.

Tanam pohon di sepanjang pinggir sungai Jl. Medokan Semampir Surabaya ini digelar bertepatan dengan momen 60 tahun eksistensi Yayasan SD Katolik Santa Angela Surabaya dalam dunia pendidikan. Sebanyak 80 pohon besar berukuran sekitar 2-3 meter ditanam pada kegiatan ini. Delapan puluh pohon tersebut adalah dari jenis Trembesi, Tabe Buya dan Mahoni. Selain menanam 80 pohon besar, puluhan siswa tersebut juga membagikan 20 pohon mangga kepada masyarakat sekitar lokasi tanam pohon.

Meskipun cuaca pagi itu terasa sangat panas, mengingat pada lokasi kegiatan hampir tidak ada pohon peneduh di kanan-kiri jalan, namun para siswa SD Katolik Santa Angela Surabaya terus berupaya menyelesaikan tugas mereka, yakni setiap anak harus menanam 2 pohon. ”Kami harus bisa menanam 2 pohon setiap siswa. Trus setelah ditanam kita tempelin kartu nama penanam ini pada pohon tersebut,” ujar Maria Gabriella, siswa kelas 2A SD Katolik Santa Angela Surabaya sesaat setelah menanam pohon keduanya.

Pemberian gantungan nama penanam dimaksudkan untuk menandai siapa yang pernah terlibat dalam upaya penghijauan wilayah tersebut. ”Siapa tahu 15 tahun berikutnya, salah satu dari tanaman ini hidup dan gantungan nama tersebut masih melekat. Sehingga orang lain tahu bahwa pohon ini ditanam oleh si A siswa dari SD Katolik Santa Angela Surabaya pada 19 Desember 2009,” ujar aktivis Tunas Hijau Adetya Firmansyah.

Aksi tanam pohon dilanjutkan dengan pembagian bibit pohon Mangga kepada warga sekitar oleh SD Katolik Santa Angela. Pembagian bibit mangga tersebut disambut hangat oleh wargawarga Medokan Semampir gg. V Surabaya. Mereka menyampaikan bahwa pemberian bibit mangga ini adalah momen tepat, karena besok Minggu pagi, warga Medokan Semampir gg. V akan menggelar kerja bakti. Aksi tanam pohon dan bagi-bagi bibit mangga ini juga diikuti oleh mahasiswa simpatisan Tunas Hijau dari Korea Alexis dan Jepang Yusuke Koizumi. (det)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.