Lebih Dalam Mengerti Tentang Sampah di SDN Pandanwangi

Malang- Sekitar 30 anak sudah berkumpul di Laboratorium Bahasa SDN Pandanwangi Kota Malang, Sabtu (16/1). Memang setiap Sabtu menjadi jam pelajaran lingkungan hidup di SDN Pandanwangi 1 Kota Malang. Lamanya pelajaran itu 90 menit. Pada pertemuan ini para siswa diajak untuk belajar lebih dalam tentang sampah. Mulai dari definisi sampah,bentuk sampah, jenis sampah sampai dengan bagaimana cara mengolahnya yang benar.
Pembagian kelompok mengawali aktivitas tentang sampah hari itu. Beberapa kelompok yang terbentuk lantas diminta mengamati kondisi sampah yang ada di sekolah. Setiap jengkal lokasi sekolah tidak luput dari pengamatan mereka. Mulai dari ujung depan sekolah sampai belakang sekolah dengan didampingi oleh dua aktivis Tunas Hijau Arin Tya dan Atria Hidayat.
Setelah melakukan pengamatan sampah di sekolah, anak-anak ditunjukkan kondisi lahan pembuangan akhir sampah Kota Malang di Supit Urang. Sontak ini membuat para siswa kaget melihat kondisi lahan yang seperti itu dan sudah menggunung dengan sampah. Dalam pertemuan ini juga dibahas pemilahan sampah menurut dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah non-organik. Selain itu juga mereka ditunjukkan cara-cara mengolah sampah, mulai dari penggunaan komposter sampai dengan pembuatan tong sampah dari sampah kertas.(zam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.