Siswa SD Darul Ulum Paham Pentingnya Pemilahan Sampah Dan SMP Al Hikmah Dengan Sedekah Memungut Sampah

Surabaya- Kesenian khas Timur Tengah Hadrah menyambut kedatangan tim evaluasiAdiwiyata Kota Surabaya di SD Darul Ulum, Selasa, (19/01). Kesenian Hadrah dibawakan oleh siswa-siswi SD Darul Ulum dengan menggunakan selempang bertuliskan Duta Lingkungan Sekolah. Sekitar 2 jam, tim penilai memantau kondisi sekolah. Mulai dari kebersihan, pemilahan sampah, pengolahan sampah, pemanfaatan lahan sekolah dan juga perilaku siswa terhadap lingkungan hidup.

Pada penilaian ini, Tunas Hijau sedikit memberikan pertanyaan kepada siswa SD Darul Ulum untukmengetahui pengetahuan siswa seputar lingkungan hidup. Beberapa pertanyaan yang diberikan oleh Tunas Hijau berhasil dijawab dengan benar oleh para siswa kelas 3 SD Darul Ulum Surabaya.Diantaranya jenis-jenis sampah basah dan sampah kering dan juga alasan kenapa melakukan penghematan air dan listrik.

Selain mengevaluasi SD Darul Ulum Surabaya, tim juga memantau kondisi lingkungan hidup SMP Al Hikmah dan SMA Al Hikmah Surabaya. Kondisi lingkungan kedua sekolah ini tidak jauh berbeda satu sama lain mengingat kedua sekolah ini berada dalam satu lokasi. Namun ada sedikit perbedaan antara SMP Al Hikmah dengan SMA Al Hikmah Surabaya. Perbedaan itu terlihat dari upaya yang dilakukan oleh dua sekolah. SMP Al Hikmah sudah melakukan pembibitan tanaman sayuran atau school farming.Selain pembibitan sayuran, SMP Al Hikmah juga membibit tanaman TOGA (tanaman obat keluarga),meskipun jenis dan jumlahnya tidak terlalu banyak.

Perbedaan lainnya adalah tim khusus yang menangani masalah lingkungan hidup di sekolah. SMP Al Hikmah Surabaya sejak 2 tahun lalu sudah mempunyai ekstra lingkungan hidup, tepatnya setelah mengikuti program Children Conference on Climate Change yang digelar oleh Tunas Hijau. Beberapa kegiatan telah dilakukan oleh tim lingkungan hidup SMP Al Hikmah diantaranya pemilahan sampah, pengolahan sampah dan juga perawatan tanaman di sekolah yang dikumpulkan dalam green housesekolah.

SMP Al Hikmah Surabaya memiliki slogan TSP artinya Tahan Buang Sampah Sembarangan, SimpanSampah Pada Tempatnya dan Pungut Sampah Insya Allah sedekah. SMP Al Hikmah Surabaya juga menjalin kerjasama dengan PKK Kecamatan Jambangan. Namun bukan berarti hal itu dilalui tanpa kendala sama sekali. Kendala yang sangat sulit dihadapi adalah latar belakang siswa yang kebanyakan berasal dari keluarga mampu, sehingga masih banyak siswa yang menganggap remeh kegiatan-kegiatan melestarikan hidup. (det)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.