BG Junction Dan Tunas Hijau Gelar Earth Hour & World Water Day 2010

Surabaya- Rangkaian kegiatan lingkungan hidup akan diselenggarakan Tunas Hijau bersama BG Junction, salah satu mal terbesar di Surabaya, Jumat-Sabtu (26-27/3), di BG Junction. Rangkaian kegiatan lingkungan hidup itu diselenggarakan dalam rangka Earth Hour dan Hari Air Sedunia 2010. Rangkaian kegiatan ini terbuka untuk umum, khususnya pelajar SD, SMP, SMA sederajat dan guru. Banyak juga kegiatan lingkungan hidup yang diperuntukkan bagi para pengunjung mal yang berlokasi di Jl. Bubutan 1-7 Surabaya ini.

Earth Hour adalah aksi yang dilakukan secara serentak di seluruh dunia dengan mematikan penggunaan energi listrik pada 27 Maret 2010 pukul 20.30 – 21.30 WIB. Aksi ini bertujuan untuk mengajak sebanyak mungkin orang melakukan penghematan energi yang juga berdampak pada berkurangnya emisi gas karbon penyebab pemanasan global. Mengapa? Energi listrik dikenal sebagai energi yang ramah lingkungan, namun tidak dengan proses produksinya.

Indonesia misalnya, meskipun kaya dengan berbagai sumber energi alternatif terbarukan, penggunaan bahan bakar fosil sebagai untuk pembangkit listrik menempati urutan pertama. Pada 2004, energi minyak menempati peringkat tertinggi yaitu 37%, penggunaan batubara mencapai 33%, gas alam 15 %, sisa dipasok dengan energi terbarukan (air dan panas bumi) yaitu 15 %. Tingginya penggunaan bahan bakar fosil untuk pembangkit listrik mengakibatkan semakin besar konsentrasi emisi karbon di atmosfer. Pada akhirnya berakibat pada meningkatnya pemanasan suhu permukaan Bumi.

Sedangkan World Water Day atau Hari Air Sedunia adalah peringatan peduli air yang dilaksanakan setiap 22 Maret. World Water Day ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk diperingati di seluruh dunia sejak tahun 1993. Alasannya, sangat vitalnya peran dan keberadaan air bersih bagi seluruh makhluk hidup di muka Bumi dari tahun ke tahun.

Earth Hour & World Water Day 2010 adalah rangkaian kegiatan yang berorientasi pada sosialisasi upaya-upaya sederhana dan nyata yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya, untuk penghematan energi khususnya listrik dan air. Penghematan listrik dan air bukan hanya harus dilakukan pada kesempatan istimewa saja. Setiap saat, semua orang harus melakukan penghematan listrik untuk meminimalisasi gas karbon yang dihasilkan. Demikian juga penghematan air harus dilakukan setiap saat.

Rangkaian kegiatan bertema lingkungan hidup yang akan digelar adalah sebagai berikut:

1.  Pemutaran Film Lingkungan Hidup

2.  Switch Off  Alert

3.  Switch Off  Act Inbox

4.  Video Conference

5.  Traditional Game

6.  Mural Lingkungan Hidup

7.  Eco Drum Circle

8.  Eco Masquerade

9.  Workshop Iklan Lingkungan Hidup Bagi Siswa

10. Workshop  Eco Journalism Bagi Siswa

11. Workshop Eco School Bagi Guru

12. Pameran Sekolah Ramah Lingkungan Hidup

Pemutaran Film Lingkungan Hidup

Pemutaran film lingkungan hidup akan dilakukan selama Earth Hour dan Hari Air Sedunia di BG Junction dengan waktu menyesuaikan. Pemutaran film menggunakan media big screen di area BG Junction yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan.

Switch Off  Alert

Pembagian stiker dan himbauan-himbauan kepada pengunjung dan tenan di BG Junction Surabaya selama pelaksanaan Earth Hour dan Hari Air Sedunia di BG Junction, pemasangan berbagai sign tentang hemat energi listrik di berbagai lokasi, terutama lokasi yang mengonsumsi energi listrik. Pemilihan kata-kata untuk pesan yang disampaikan diusahakan semenarik mungkin, misalnya :

”Cukup terang bukan berarti remang. Gunakan listrik seperlunya.”

”Terang tidak selalu harus benderang. Hemat penggunaan listrik”

”Bila dengan 10 watt gelap sudah lewat. Kenapa pakai 50 watt.

”Ingin dingin,tidak perlu sampai menggigil. Gunakan AC sesuai dengan kebutuhan”

Switch Off  Act Inbox

Yaitu mengumpulkan opini dari pengunjung BG Junction tentang upaya yang dilakukan untuk penghematan energi listrik serta alasan utama ketika melakukan penghematan energi listrik. Opini yang terkumpul akan dipamerkan dan secara berkala akan diundi untuk mendapat souvenir atau hadiah. “Switch off  act inbox”  akan dilaksanakan selama pelaksanaanEarth Hour dan Hari Air ” di BG Junction Surabaya, dengan waktu yang telah ditentukan.

Video Conference

Talk show ini dilaksanakan dengan menggunakan koneksi internet (video conference). Dalam kegiatan ini, peserta kegiatan atau pengunjung yang berada di area kegiatan dapat berbagi pengalaman, pengetahuan dan tips penyelamatan lingkungan hidup dengan berbagai kelompok peduli lingkungan hidup di negara lain.

Traditional Game

Pelan namun pasti, keberadaan permainan tradisional semcam, dakon, egrang, pakurojo, lompat tali, engkle, bola bekel, mulai tergeser oleh berbagai permainan modern seperti PS (playstation). Padahal permainan tradisional memiliki nilai kearifan budaya lokal yang cukup tinggi, serta ramah lingkungan terhadap lingkungan. peralatan permainan tradisional rata-rata menggunakan peralatan yang dapat di peroleh tanpa harus menghasilkan gas karbon. Permainan tradisional akan dimainkan pada waktu tertentu selama pelaksanaan Earth Hour dan World Water Day 2010 di BG Junction dan diperuntukkan bagi seluruh pengunjung dan peserta kegiatan, tentunya siapa yang menjadi pemenang akan mendapatkan hadiah dari penyelenggara.

Mural Lingkungan Hidup

Melukis pada selembar kain/kanvas dengan ukuran standar internasional, 1,5 x 3,65 meter, akan menjadi salah satu aktivitas pada Earth Hour & World Water Day 2010 di BG Junction. Pada mural ini beberapa sekolah yang memiliki program mural lingkungan hidup akan bergabung dengan aktivitas di BG Junction ini.

Puluhan mural bertema lingkungan hidup karya anak-anak dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia juga akan dipamerkan pada rangkaian program ini. Termasuk diantaranya karya-karya mural antar bangsa yang dihasilkan beberapa sekolah di Indonesia dengan sekolah mitra mereka di luar negeri.

Eco Drum Circle

Eco Drum Circle adalah komposisi atau aransemen bebunyian yang dihasilkan dari berbagai macam alat yang sejatinya bukan alat musik. Misalnya, bunyi bass dari botol air mineral kemasan “gallon”, bunyi perkusi dari berbagai alat rumah tangga. Lewat Eco Drum Circle disampaikan pesan bahwa emisi gas karbon dapat dikurangi dengan penggunaan barang-barang bekas untuk berbagai keperluan lainnya. Eco Drum Circle bukan sebagai sebuah kompetisi murni, namun sebagai sarana pembawa pesan.

Ketentuan Eco Drum Circle:

   Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa tingkat SD, SMP dan SMA;

   Peserta adalah tim perwakilan sekolah dengan jumlah minimal 8 orang;

   Waktu tampil untuk tiap tim sekitar 10 menit;

   Setiap tim yang tampil dan layak akan mendapatkan perhargaan secara langsung dalam bentuk tropi dan sertifikat sesaat sesudah penampilan.

Eco Masquerade

Kata Masquerade memiliki makna “penyamaran” dan digunakan sebagai nama satu acara televisi yang terkenal di Jepang (Masquerade Japan). Hingga saat ini, Masquerade masih ditayangkan di beberapa stasiun televisi di Indonesia. Acara televisi ini berbentuk performa (penampilan aksi) yang dilakukan minimal satu orang dan maksimal tiga puluh orang. Setiap kelompok harus menampilkan satu bentuk aksi panggung dengan peran tidak langsung.

Mengadaptasi program acara tesebut, pada Earth Hour dan Hari Air Sedunia di BG Junction juga akan diadakan Eco Masquerade. Setiap tim akan melakukan berbagai aksi dengan membawa pesan utama tentang penyelamatan lingkungan hidup. Eco Masquerade bukan kompetisi murni, melainkan hanya sebagai sarana pembawa pesan tentang penyelamatan lingkungan hidup.

Ketentuan Eco Masquerade:

   Diperuntukkan bagi siswa SD, SMP dan SMA;

   Peserta adalah tim perwakilan sekolah dengan jumlah minimal 4 orang;

   Waktu tampil untuk tiap tim maksimal 10 menit;

   Setiap tim yang tampil dan layak akan mendapatkan perhargaan secara langsung dalam bentuk tropi dan sertifikat sesaat sesudah penampilan.

Workshop Iklan Lingkungan Hidup Bagi Siswa

Hari, tanggal:           Sabtu, 27 Maret 2010

Pukul:                      15.00 – 18.00 wib

Tempat:                   Atrium Rainbow BG Junction, Jl. Bubutan 1-7 Surabaya

Ketentuan Workshop Iklan Lingkungan Hidup:

   Diperuntukkan bagi siswa SMP dan SMA atau sederajat;

   Workshop akan disampaikan oleh pemandu yang berkompeten;

   Iklan lingkungan hidup yang dihasilkan dalam workshop ini akan diupload di website resmi dan situs jejaring Tunas Hijau;

   Peserta dari satu sekolah dibatasi maksimal 5 orang;

   Total jumlah peserta maksimal 60 orang;

   Peserta akan mendapatkan sertifikat;

   Panitia tidak menyediakan snack dan konsumsi;

   Peserta akan diajak membuat iklan audio visual tema lingkungan hidup.

Workshop  Eco Journalism Bagi Siswa

Hari, tanggal:           Jumat, 26 Maret 2010

Pukul:                      14.00 – 17.00 wib

Tempat:                   Atrium Rainbow BG Junction, Jl. Bubutan 1-7 Surabaya

Ketentuan workshop:

   Peserta adalah siswa SMP dan SMA atau sederajat;

   Peserta akan diajak lebih mengenal cara-cara pembuatan tulisan jurnalisme dengan narasumber yang berkompeten;

   Peserta workshop diwajibkan membawa kamera atau hp dengan kamera dan alat tulis;

   Peserta akan diajak untuk membuat liputan jurnalisme sederhana secara berkelompok;

   Peserta dari satu sekolah dibatasi maksimal 5 orang;

   Total jumlah peserta maksimal 60 orang;

   Peserta akan mendapat sertifikat;

   Panitia tidak menyediakan snack atau konsumsi.

Workshop Eco School Bagi Guru

Hari, tanggal:           Sabtu, 27 Maret 2010

Pukul:                      10.00 – 13.00 wib

Tempat:                   Atrium Rainbow BG Junction, Jl. Bubutan 1-7 Surabaya

Ketentuan workshop ini adalah sebagai berikut:

   Peserta adalah guru SD, SMP dan SMA;

   Satu sekolah bisa mengikutsertakan maksimal 2 guru;

   Workhop ini akan membahas upaya-upaya khusus untuk menciptakan sekolah berbudaya lingkungan hidup;

   Workshop akan disajikan oleh narasumber yang berkompeten;

   Jumlah total maksimal peserta workshop ini adalah 50 orang. Panitia akan menutup pendaftaran peserta bila kuota telah memenuhi jumlah tersebut;

   Panitia tidak menyediakan makanan atau snack bagi peserta;

   Panitia akan menyediakan sertifikat kepada peserta;

   Peserta diminta membawa alat tulis.

Pameran Sekolah Ramah Lingkungan Hidup

Hari:                        Jumat – Sabtu

Tanggal:                   26-27 Maret 2010

Pukul:                      10.00 – 22.00 wib

Tempat:                   Atrium Rainbow BG Junction, Jl. Bubutan 1-7 Surabaya

Ketentuan pameran sekolah berbudaya ramah lingkungan :

   Pameran yang dimaksud adalah upaya-upaya khusus yang dilakukan sekolah-sekolah untuk mewujudkan sekolah ramah lingkungan hidup;

   Pameran terbatas hanya untuk 10 stan sekolah pilihan;

   Setiap stan berukuran 2 x 1,5 m, dengan dibatasi partisi tunggal;

   Setiap stan disediakan satu meja dan dua kursi, tanpa saluran listrik;

   Pemasangan materi pameran tanggal 26 maret 2010, pukul 05.00-09.00 (di luar jam operasional mall);

   Selama pelaksanaan kegiatan, stan pameran harus dijaga oleh sedikitnya 1 guru dan 2 siswa;

   Panitia tidak menyediakan konsumsi dan transportasi, sebagai pengganti panitia menyediakan dana sebesar Rp 150.000,-;

   Sebagai reward keiikutsertaan akan disediakan tropi untuk beberapa kategori penghargaan, sertifikat untuk lembaga, dan tim pameran;

   Kategori penghargaan yang disediakan adalah stan pameran favorit, yel-yel paling menarik, stan paling informatif, stan paling atraktif dan aksi panggung terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.