SDN Kandangan I dan SDN Babat Jerawat I Siap Peringati Hari Air

Surabaya- Puncak peringatan hari air sedunia masih kurang 5 hari lagi, tepatnya 22 Maret, namun beberapa sekolah di Surabaya sudah terlihat begitu antusias menyiapkan acara tersebut. Seperti halnya yang dilakukan oleh SDN Kandangan I Surabaya. Didampingi oleh Tunas Hijau, beberapa siswa dan guru sekolah berkumpul membahas konsep kegiatan peringatan Hari Air Sedunia, Kamis (18/3), yang rencananya akan digelar Sabtu, 20 Maret 2010.

Koordinasi pembahasan rencana peringatan hari air sedunia tersebut dirasa oleh beberapa guru dan siswa yang terlibat cukup menarik. Hal ini disebabkan selama ini siswa tidak pernah dilibatkan untuk menentukan rencana kegiatan lingkungan hidup di sekolah. Pada kesempatan tersebut, siswa dan guru yang terlibat dibagi menjadi 3 kelompok. Setiap kelompok berhak mengajukan minimal 5 ide kegiatan yang akan dilaksanakan pada peringatan hari air sedunia di SDN Kandangan I Surabaya.

Selama proses pembuatan ide kegiatan, beberapa siswa terlihat canggung dengan keberadaan seorang guru di kelompoknya. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama, karena waktu yang diberikan oleh Tunas Hijau untuk menyusun rencana tersebut hanya 30 menit. Setelah waktu yang diberikan habis, Tunas Hijau lantas mempersilahkan masing-masing kelompok secara bergantian menyampaikan ide kelompoknya.

Berbagai ide muncul dari ketiga kelompok tersebut, meskipun ide kegiatan yang disampaikan merupakan kegiatan yang pernah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. Akhirnya, dipilihlah 3 (tiga) rencana kegiatan peringatan hari air sedunia yang akan disampaikan kepada kepala SDN Kandangan I Surabaya. Ide tersebut adalah observasi sungai di depan sekolah, lomba membuat poster dan slogan ramah sungai, pameran lingkungan hidup dan workshop lingkungan hidup untuk siswa serta diakhiri dengan acara bersih-bersih sungai di depan sekolah.

Menurut Ayu Dewi L, salah seorang siswi SDN Kandangan I Surabaya yang terlibat dalam pembuatan rencana kegiatan tersebut, dirinya sangat antusias membantu guru dalam menyiapkan kegiatan peringatan hari air karena salah satu idenya diterima dan akan dilaksanakan pada peringatan hari air di SDN Kandangan I Surabaya. “Saya senang karena ide lomba menggambar dari saya diterima, saya akan kasih tahu teman-teman di kelas agar mau mengikuti lomba tersebut,” ujarnya.

Selain persiapan peringatan hari air sedunia di SDN Kandangan I Surabaya, Tunas Hijau juga mendampingi siswa-siswi SDN Babat Jerawat I Surabaya yang juga akan menggelar peringatan hari air sedunia pada Minggu, 21 Maret 2010. Berbeda dengan di SDN Kandangan I Surabaya, kali ini tim yang merumuskan rencana kegiatan murni dari anak-anak. Menurut Kepala SDN Babat Jerawat I Surabaya Sri Soepartini, rencana yang dibuat tanpa bantuan guru bukan berarti guru tidak peduli.

“Kami ingin memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengolah kegiatan lingkungan hidup di sekolah,” kata Sri Soepartini. Tidak adanya guru dalam pembuatan rencana kegiatan, tentunya membuat para yang terlibat lebih bebas menentukan rencana mereka. Dari hasil yang disepakati, SDN Babat Jerawat I Surabaya akan menggelar rencana mural hemat air, bersih-bersih selokan dengan melibatkan masyarakat sekitar sekolah, menanam pohon dan juga membersihkan bak-bak mandi di sekolah. (det)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.