Workshop Air Dan Periksa Saluran Air Di Sekolah

Malang- Air merupakan bagian terpenting dalam kehidupan makhluk hidup. Mulai dari yang digunakan untuk minum hingga untuk menghasilkan energi. Sekitar 70% Bumi ini juga berupa air, yaitu lautan. Senin (22/3), SDNBI Tlogowaru Kota Malang bersama Tunas Hijau memperingati hari air dengan cara mengadakan workshop tentang air. Workshop ini diikuti tiga puluh siswa SDNBI dan beberapa sekolah sekitar.

Penyematan rompi Polisi Lingkungan Hidup SDNBI Tlogowaru kepada beberapa siswa yang dilantik menjadi aktivitas pembuka di sesi pembukaan. Selesai pembukaan, Tunas Hijau yang diwakili oleh dua aktivisnya, Nizam Wahyu Ardhika dan Elgha Kasanda, memulai workshop peringatan hari air sedunia ini.

Pada workshop ini ditekankan pemahaman tentang berbagai permasalahan lingkungan hidup yang terkait dengan air. Beberapa permasalahan itu seperti tanah longsor yang disebabkan banyaknya pepohonan di dataran tinggi yang ditebang atau digunduli. Permasalahan lainnya seperti banjir banding pada saat musim hujan dan kekeringan pada sumber-sumber air bersih saat musim kemarau.

Workshop lantas dilanjutkan dengan mengajak para siswa melakukan pemeriksaan terhadap saluran sanitasi, kamar mandi dan wastafel. Mereka diminta untuk mencatat dan melaporkan kran-kran air yang rusak. Mereka juga memungut sampah organik dan non-organik yang ditemukan di sanitasi sekolah yang ada. Selanjutnya, setelah workshop selesai, anak-anak diminta membuat karya berupa poster atau puisi sebagai media output dari pemahaman tentang workshop tersebut. (nizam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.