ZERO TWO RACE COMPETITION, Cara Unik Siswa SMP YPJ Kuala Kencana Belajar Tentang Hutan

Kuala Kencana- Jika orang lain biasanya belajar tentang hutan dengan membaca buku atau melihat video, lain halnya yang dilakukan oleh siswa SMP Yayasan Pendidikan Jayawijaya Kuala Kencana (YPJKK) Papua. Dengan memanfaatkan arenaJungle Track di belakang sekolahnya, mereka belajar tentang hutan dengan cara yang menyenangkan. Dikatakan menyenangkan karena mereka belajar tentang hutan sambil bermain dan berpetualang di dalam hutan itu. Beberapa aturan safety harus mereka taati sebelumnya, diantaranya menggunakan pakaian lengan panjang dan menggunakan lotion anti nyamuk.

Kegiatan yang dicetuskan oleh tim lingkungan hidup SMP YPJKK ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Bumi 2010. Dengan tajuk ZERO TWO RACE COMPETITION, kegiatan ini bertujuan mengajak para siswa dapat memanfaatkan Jungle Track ini dengan optimal. Acara yang dilaksanakan Kamis (29/4) sore, ini diikuti oleh 36 siswa perwakilan kelas masing-masing. Dalam kompetisi ini peserta bergantian masuk ke dalamJungle Track. Mereka diharuskan menjawab beberapa pertanyaan tentang hutan dan pohon yang telah disiapkan oleh tim lingkungan hidup SMP YPJKK.

Uniknya dalam kegiatan ini para peserta dibekali kantong sampah, sehingga di sepanjang area Jungle Track mereka dituntut memunguti sampah-sampah non-organik yang mereka jumpai di sepanjang jalan. Alhasil, ternyata cukup banyak juga sampah organik yang mereka jumpai di hutan. Hal ini menunjukkan banyaknya orang yang melintas dan membuang sampah sembarangan di kawasan tersebut.

Menurut Rachel Alexandra, anggota tim lingkungan hidup Jungle Track,kegiatan ini dapat menimbulkan kecintaan anak-anak terhadap hutan, sehingga selanjutnya diharapkan timbul keinginan untuk turut melestarikan dan merawatnya. Dari beberapa peserta terlihat sekali antusiame yang tinggi terhadap program ini, karena mereka bisa dapat pengetahuan baru. Bahkan mereka mengharapkan ada lagi program semacam ini berikutnya. Hal tersebut seperti disampaikan oleh Ema dan Inggrid dari kelas 8C.

Untuk mendukung program ini, pepohonan di sepanjang Jungle Track tersebut telah dilengkapi label nama, sehingga setiap orang dapat mengetahui jenis-jenis pohon yang ada disana. Bahkan di beberapa titik tertentu ada label info tentang fakta-fakta hutan terkini, sehingga setiap orang yang membacanya dapat memperoleh tambahan informasi juga. DiJungle Track di belakang sekolah YPJKK terdapat 32 jenis pohon dengan ketinggian rata-rata diatas 25 meter. Pohon-pohon di hutan tersebut juga memiliki tingkat kerapatan yang sangat tinggi. (dony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.