29 Mei, Pemuda 59 Negara Ikuti Youth Facilitator Training for Children and Youth Conference Brazil 2010

Brazil- Ketika mendarat di bandara Internasional Brasilia, waktu setempat menunjukkan Jumat (28/5) pukul 22.30 waktu setempat. Setelah mengalami perjalanan jauh dari Surabaya-Brasilia yang hampir 2 hari lamanya, kesempatan bermalam di Hotel Nasional Brasilia yang terletak ditengah kota cukup bisa menyegarkan badan kembali. Hal ini sangat penting karena Sabtu siangnya harus kembali melanjutkan perjalanan darat menuju Training Center of the National Confederation of Industrial Workers (CNTI)kota Luiziania,negara Brazil.

Tidak hanya saya sendiri yang datang di Brasilia malam itu. Beberapa fasilitator dari negara New Zealand, Turki, Czech, Kanada, Paraguay, Peru, Nikaragua, Burkina Faso, Palestina dan Yaman ternyata datang di hari yang sama dengan saya. Kami bertemu di lobi hotel menunggu penjemputan dari panitia. Saling tukar pengalaman pun menjadi agenda pertama kami begitu saling bertemu di Hotel Nasional Brasilia.

Semua fasilitator tersebut merupakan aktivis lingkungan hidup di negaranya masing-masing. Beragam cerita terkait kegiatan lingkungan hidup tiap negara menjadi pengalaman yang sangat berharga. Seperti cerita dari Martina Sefrova fasilitator dari Czech, disana fokus utama program mereka adalah edukasi lingkungan hidup kepada anak sekolah dengan program ECO-School. Ternyata tak jauh beda juga dengan program Tunas Hijau di Indonesia. Begitu juga dengan di Turki. Menurut cerita Aynur Bayraktar dari Turki, ECO-School menjadi program utama di negaranya agar generasi mendatang akan ikut memiliki Bumi yang ditempati selama ini. Dengan merasa ikut memiliki, tentunya kita akan menjaganya senantiasa.

Perjalanan ke CNTI, Luiziania, ditempuh selama satu jam dari Hotel Nasional Brasilia, tempat kami menginap. CNTI merupakan tempattraining center milik pemerintah Brazil yang terletak di kawasan perbukitan. Pusat pelatihan ini memiliki 7 bangunan utama. Di dalamnya terdapat main hall yang mampu menampung seribu orang dan dilengkapi asrama di 2 bangunan utama. Lokasi yang dijaga ketat 24 jam ini menempati lahan yang luas dengan fasilitas tambahan kolam renang maupun lapangan olahraga.

Sesampainya bus yang kami tumpangi dari Brasilia di CNTI, kami disambut puluhan fasilitator dari negara lain yang tiba mendahului kami. Maklum karena memang hari itu (29/5) adalah jadwal kedatangan semua fasilitator untuk Youth Facilitator Training. Kami semua akan berkumpul bersama selama 2 minggu di CNTI. Selama itu pula kami akan saling mengenal serta memahami budaya satu sama lain untuk bisa bekerja sama dalam Children and Youth Conference nanti. Sebagai upaya menciptakan komunitas global penyelamatan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.