30 Mei, Youth Facilitator Training for Children and Youth Conference Brazil 2010 Dimulai

Brazil- Lokasi Training Center of the National Confederation of Industrial Workers (CNTI), Luziania yang berada di perbukitan menciptakan suhu ekstrem setiap harinya. Saat siang hari suhu berkisar 26-27 derajat Celcius, namun setelah matahari terbenam, suhu berangsur turun hingga malam hari sampai 15 derajat Celcius. Suatu kondisi yang cukup unik mengingat Brazil merupakan negara tropis.

Kondisi cuaca tersebut ternyata tidak berpengaruh banyak bagi para fasilitator karena semua masih tetap bersemangat dalam menjalani training ini. Terbukti di pagi hari setelah sarapan, mereka bersama-sama menari diiringi lagu Brazil di meeting point. Begitu juga dengan saya. Walaupun suhu saat itu cukup membuat badan menggigil.

Hari ini (30/5), adalah pembukaanYouth Facilitator Training for Children and Youth ConferenceBrazil 2010. Bertempat di Auditorium CNTI, pelatihan dimulai secara resmi oleh Rachel Trajber,General Coordinator of Conference dari Minister of Education Brazil. Rachel mengatakan betapa pentingnya peranan komunitas global dalam mengatasi perubahan iklim, isu nomor satu dunia abad ini.

Setelah tahun lalu mengadakan Konferensi Lingkungan Nasional Brazil di tempat yang kami tempati ini, mereka merasa perlu mengadakan komunikasi global dengan semua komunitas lingkungan hidup di seluruh dunia. Itulah yang mendasari diadakannya Children and Youth Conference Brazil 2010 “Let’s Take care of the Planet”. Selain itu, dengan berkumpulnya para fasilitator dari semua negara, peserta diharapkan berbagi ilmu dan pengalaman tentang upaya penyelamatan lingkungan hidup di tiap-tiap negara.

Setelah pembukaan tersebut, semua fasilitator dibagi menjadi 4 kelompok bahasa yaitu, Inggris, Spanyol, Portugis dan Prancis. Keempat bahasa tersebut merupakan bahasa resmi yang akan digunakan selama pelaksanaan konferensi nantinya. Dalam kelompok bahasa tersebut tiap fasilitator menceritakan tentang proses pemilihan delegasi dari negaranya. Untuk fasilitator kelompok bahasa Inggris terdiri dari 12 negara yaitu Mesir, Czech, Yaman, Rusia, Jerman, Brazil, Timor Leste, Turki, New Zealand, USA, Filipina, Singapura dan Indonesia.

Pada Youth Facilitator Training ini diikuti oleh 80 fasilitator dari 59 negara peserta dan 21 fasilitator dari tiap negara bagian Brazil. Nantinya, pada pelaksanaan Children and Youth Conference, para fasilitator tersebut akan berperan penting terhadap jalannya konferensi. Mereka akan memfasilitasi semua peserta dalam seluruh rangkaian kegiatan supaya mencapai tujuan yang nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.