Green Force SMPN 1 Kota Malang Amati Flora & Fauna Di Sekolah

Malang– Green Force (tim lingkungan hidup) SMP Negeri 1 Kota Malang kembali melakukan program rutin lingkungan hidup. Sabtu (15/5), topik keanekaragaman hayati menjadi agenda yang dipilih pada program mingguan itu. Caranya, mereka melakukan pengamatan aneka jenis flora dan fauna (keanekaragaman hayati) yang hidup bebas di sekolah. Dua puluh siswa mengikuti kegiatan yang dimulai pukul 11.30 wib. Kegiatan ini dipandu oleh aktivis Tunas Hijau yang juga pembina Green Force SMP Negeri 1 Kota Malang, Nizam Wahyu Ardhika.

Kegiatan ini adalah aplikasi dari kegiatan sebelumnya, yang Green Force belajar tentang keanekaragaman hayati. Di kegiatan ini siswa dibagi menjadi lima kelompok dengan masing-masing kelompoknya terdiri 4 orang. Setiap kelompok diminta membuat dan mengisi tabel pengamatan yang digunakan untuk memudahkan pendataan. Setelah terbagi menjadi kelompok-kelompok, mereka melakukan pengamatan terhadap flora dan fauna yang hidup di sekolahnya.

Kelompok satu yang dipimpin oleh Mumtaza Noor Ashila, nampak lebih memfokuskan terhadap macam-macam tanaman yang ada di sekolahnya. Lain halnya dengan Almira Praza, kelompok ini memfokuskan kepada fauna-fauna yang ada di sekolahnya tersebut. Mulai dari undur-undur, cacing tanah, cacing daun, dan kupu-kupu termasuk obyek yang diamati dan dimasukkan ke dalam tabel pengamatan.

Setelah selesai pengamatan, kelompok-kelompok tersebut melakukan presentasi hasil pengamatan dan temuan-temuan selama observasi ini. Kegiatan pengamatan ini sendiri bertujuan mengenalkan siswa terhadap keanekaragaman flora dan fauna di sekitar mereka. Tidak lepas dari pengenalan agar siswa tertanam menjaga dan merawat keanekeragaman hayati yang ada di sekolahnya. (nizam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.