Pembelajaran Serangga Di SD Al Muslim Wadungasri

Sidoarjo- Serangga disebut pula insecta, dibaca “insekta” adalah kelompok utama dari hewan beruas (Arthropoda) yang bertungkai enam (tiga pasang); karena itulah mereka disebut pula Hexapoda (dari bahasa Yunani, berarti berkaki enam). Serangga ditemukan di hampir semua belahan bumi kecuali di lautan. Pembelajaran tentang lingkungan hidup khususnya serangga ini menjadi topik yang dipilih oleh SD Al Muslim Wadungasri bersama Tunas Hijau. Pembelajaran serangga ini mewarnai cerahnya suasana Sabtu pagi itu (1/5).

Sebanyak 40 siswa yang tergabung dalam Green ClubSD Al Muslim Wadungasri melakukan pengamatan jenis serangga apa saja yang ada di sekolah. Mereka dibagi menjadi 4 kelompok dan setiap kelompok tidak boleh ada di tempat yang sama dengan kelompok lain. Pada pengamatan ini mereka menggunakan kantong plastik yang mereka bawa dari rumah. Kantong plastik itu digunakan untuk menangkan serangga yang mereka temukan.

“Aku sudah mendapatkan banyak serangga di dalam kantong plastikku. Ada kumbang, walang, sama capung.” ucap rangga ketika memamerkan hasil tangkapannya kepada teman-temannya dengan sangat bangga. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pembelajaran minggu sebelumnya. ”Mereka tidak hanya sekedar tahu ini hewan apa, tetapi mereka juga harus mengetahui hewan ini masuk jenis hewan apa,” ucap Ratih, guru Green Education SD Al Muslim yang mendampingi aktivis Tunas Hijau Akbar Wahyudono dalam pembelajaran itu.

Selama 60 menit tim Green Club blusukan di kebun sekolah, cukup banyak jenis serangga yang ditemukan. ”Kelompok kami menemukan kumbang, kepik dan walang hijau. Ketiga jenis serangga yang kami temuka itu sedang berada di tanaman yang ada di sekolah saat kami hendak menangkapnya,” ucap Bagas ketika mempresentasikan hasil temuannya di hadapan anggota Green Club lainnya. Seusai pengamatan pada semua serangga yang berhasil didapat, anak-anak Green Club melepasliarkan kembali hewan-hewan yang ditangkap. (akbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.