Pengenalan Lokasi Konferensi, Peserta Youth Facilitator Training Diajak Bermain Treasure Hunt

Brazil- Sebagai fasilitator Children and Youth Conference Brazil 5-10 Juni 2010 “Let’s Take Care of the Planet”, tentunya peserta tiap negara harus paham jalannya kegiatan dan seluk beluk lokasiTraining Center of the National Confederation of Industrial Workers (CNTI), tempat konferensi akan berlangsung. Hal itulah yang menjadi pokok bahasan utama dalam Youth Facilitator Trainingdi hari pertama ini. Setelah resmi dibuka pagi hari (30/5) waktu Brazil, selepas makan siang, para fasilitator mendapat penjelasan detail tentang jalannya konferensi.

Dengan berkumpul bersama kelompok bahasa masing-masing, para fasilitator diajak untuk lebih memahami agenda kegiatan konferensi. Uniknya upaya pengenalan tersebut dikemas dalam bentuk permainan, sehingga jauh dari kata membosankan. Natalia dan Mariana, mentor kelompok bahasa Inggris mengajak setiap fasilitator untuk mengingat jalannya acara dengan menempelkan rangkaian acara di dinding. Tentunya tanpa melihat jadwal di buku panduan yang dibawa setiap fasilitator.

Bahkan untuk mengetahui semua lokasi di CNTI pun kami diajak berlari-lari dalam gamesTreasure Hunt. Sebuah cara yang sangat menarik dalam mengenalkan tempat yang sama sekali baru bagi kami seperti CNTI ini. Dalam Treasure Hunt itu kami mendapati kertas yang berisi jadwal dan lokasi salah satu acara dalam konferensi nanti. Tugas kami adalah mencari dimana lokasi tersebut untuk menempelkan kertas itu.

Cukup menyenangkan. Terbukti, betapa antusiasnya semua fasilitator untuk berlari serta mencari lokasi yang dimaksud. Di akhir sesi, semua fasilitator diajak menari bersama untuk cooling down. Selain itu juga, sesi ini adalah kesempatan untuk saling mengakrabkan diri satu dengan yang lainnya.

Untuk Children and Youth Conference Brazil 2010 itu akan diikuti oleh 800 orang. Jumlah itu terdiri fasilitator, peserta serta pendamping dari 19 negara  benua Amerika, 17 negara Afrika, 10 negara Eropa dan 13 negara Asia/Oceania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.