SMA Ciputra Mulai Realisasikan Biogas Di Dusun Mligi, Desa Claket

Mojokerto- Tiga belas siswa dan tiga guru kelas 2 SMA Ciputra kembali mengunjungi Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Sabtu (29/5). Mereka menindaklanjuti program lingkungan hidup yang telah dilakukan bersama Tunas Hijau sejak tahun lalu di dusun itu. Pada kunjungan ini, mereka survei tentang rencana pembuatan Biogas skala rumah tangga dan pengomposan yang akan direalisasikan di Desa Claket, Kecamatan Pacet.

Pada kunjungan ini, mereka terbagi menjadi dua tim. Yaitu tim pengomposan dan tim biogas. Tim Biogas akan membuat sumber energi alternatif ramah lingkungan hidup dengan memanfaatkan kotoran ternak sapi yang banyak terdapat di Dusun Mligi. Tim Biogas SMA Ciputra akan menerapkan cara kerja yang ada di Biogas Probolinggo. Seluruh bagian bangunan untuk pembangkit energi Biogas akan menggunakan bahan-bahan lokal. Khususnya bambu yang sangat mudah didapat di Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Harapan dari dibangunnya sumber energi ramah lingkungan hidup Biogas skala rumah tangga di Dusun Mligi ini, semua warga dusun bisa beralih fungsi menggunakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan hidup.  Harapan ini seperti diungkapkan guru SMA Ciputra Indah Anggraini yang mendampingi survei ini. “Kami ingin tidak ada lagi masyarakat Dusun Mligi yang menggunakan kayu atau ranting pepohonan di hutan untuk keperluan memasak merekam,” ungkap Indah Anggraini.

Sementara itu tim pengomposan melakukan survei tentang efektifitas penggunaan dua komposter yang pernah mereka sumbangkan kepada perwakilan penduduk Dusun Mligi akhir tahun lalu. Hasil survei siswa SMA Ciputra itu ternyata cukup memprihatinkan. Yaitu warga setempat kurang mengoptimalkan penggunaan dua tong komposter yang pernah disumbangkan. Solusinya, tim pengomposan SMA Ciputra akan mengadakan workshop pengomposan kepada warga Dusun Mligi. Workshop akan ditindaklanjuti dengan penyerahan tambahan bantuan tong pengomposan kepada warga setempat. Tim biogas dan pengomposan akan memulai pengerjaan fisik pada 19 dan 20 Juni 2010. (roni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.