Deklarasi Charter Of Responsibility Serta Penutupan International Children And Youth Conference Brazil 2010

Brazil- Menjelang ditutupnya International Children and Youth Conference Brazil 2010 “Let’s Take care of the Planet”, para peserta konferensi mendatangi gedung Senat Brasil di kota Brasilia, Kamis (10/6). Mereka menyampaikan International Charter of Responsibility yang telah mereka buat serta menghimbau Senat Brasil untuk menindaklanjuti suara anak-anak sedunia itu di negara Brasil.

Setelah penyampaian Charter di Senat Brasil, rombongan segera menujuNational Museum of Brazil untuk persiapan penutupan konferensi malam harinya. Di dalam gedung museum tersebut kembali dibacakanInternational Charter of Responsibilitydi hadapan menteri pendidikan Brasil, menteri lingkungan hidup Brasil serta beberapa duta besar negara peserta konferensi. Setelah pembacaan juga diserahkan secara simbolis Chartertersebut kepada para undangan sebagai bentuk gambaran suara anak-anak yang menginginkan kepedulian semua orang terhadap lingkungan hidup.

Menteri Pendidikan Brasil Fernando Haddad dalam sambutannya menyampaikan bahwa suatu kebanggaan bagi dirinya bahwa anak-anak dapat memiliki kepedulian tinggi untuk upaya pelestarian lingkungan hidup. “Suara anak-anak adalah gambaran bagaimana mereka membutuhkan lingkungan hidup yang lebih baik bagi masa depan mereka. Saat ini adalah waktunya kita semua sebagai masyarakat dunia bersama-sama melakukan upaya nyata menghambat perubahan iklim,” kata Fernando diakhir sambutannya. Hal ini juga sekaligus mengakhiri perhelatan International Children and Youth Conference Brazil 2010 “Let’s Take Care of the Planet”.

Setelah 5 hari pelaksanaan konferensi dengan beragam pengalaman yang didapat, tentunya semuanya bertujuan untuk menginspirasi setiap orang untuk berpartisipasi aktif dalam perbaikan lingkungan. Anak-anak yang bersemangat membuat perubahan tentunya menggugah setiap nurani orang dewasa untuk menciptakan masa depan lingkungan yang lebih baik bagi generasi mendatang. Semoga ratusan cerita serta ide tentunya tidak akan menguap begitu saja sesampainya para delegasi di negara asalnya. Namun, harapannya akan muncul sebuah terobosan baru dalam upaya pelestarian lingkungan di negara masing-masing. Let’s Take Care of the Planet. (Dony Kristiawan, aktivis senior Tunas Hijau, fasilitator konferensi/roni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.