Diskusi Kelompok Persiapan Kedatangan Para Peserta International Children & Youth Conference Brazil 2010

Brazil- Negara Brazil yang terletak di Amerika selatan, tentunya merupakan tujuan yang sangat jauh bagi negara dari benua lain. Lamanya penerbangan karena jarak yang jauh pasti akan melelahkan bagi mereka yang menjalaninya. Belum lagi dengan kondisi jetlegkarena perjalanan jauh serta perbedaan waktu dengan negaranya. Itulah yang akan dialami oleh para peserta International Children and Youth ConferenceBrazil 2010 yang berasal dari benua lain.

Diskusi kelompok dalam pelatihan fasilitator, Senin (31/5) sore itu, khusus membahas permasalahan tersebut. Tentunya dalam pelaksanaan konferensi nantinya para delegasi diharapkan bisa mengatasi kelelahan serta problemjetleg-nya. Dalam diskusi ini para fasilitator dibagi kelompok berdasarkan bahasa yang digunakan selama konferensi. Apalagi konferensi ini menggunakan 4 bahasa internasional yaitu Inggris, Portugis, Spanyol dan Prancis.

Diskusi yang dipandu oleh Ana Carolina, salah satu executive coordinator konferensi ini, dilakukan di halaman belakang Training Center of the National Confederation of Industrial Workers (CNTI), kotaLuziania, Brazil, lokasi konferensi berlangsung. Fasilitator dari tiap negara peserta tentunya sangat paham dengan kondisi yang akan dihadapi oleh para delegasi. Hal ini dimungkinkan karena fasilitator telah terlebih dahulu seminggu di CNTI. Sebagai orang yang sangat dekat dengan delegasi, besar peranan fasilitator untuk membuat delegasinya siap unntuk mengikuti semua rangkaian acara konferensi.

Menurut Carolina, fasilitator dapat memberikan rasa nyaman kepada peserta karena setelah menempuh perjalanan jauh. Mereka dapat bertemu dengan seseorang dari negaranya yang akan membantu selama konferensi. Itulah juga alasan utama kenapa adaYouth Facilitator Training ini. Tambah Carolina lagi, keberadaan para fasilitator dari negara peserta ini diharapkan dapat menciptakan Global Community dalam upaya mengurangi pemanasan global.

Berikutnya diskusi kelompok dilakukan di dalam ruang membahas karakter yang diperlukan seorang fasilitator dalam konferensi ini. Pembahasan yang dilakukan pun dikemas dengan menarik sehingga setiap fasilitator dapat dengan enjoy mengikutinya. (dony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.