Menteri Pendidikan Brasil Secara Resmi Membuka International Children & Youth Conference Brazil 2010 “Let’s Take Care Of The Planet”

Brazil- Bertempat di auditorium utama Training Center of the National Confederation of Industrial Workers (CNTI), kota Luiziania, Brazil, International Children and Youth ConferenceBrasil 2010 “Let’s Take Care of the Planet” secara resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan Brasil Fernando Haddad, Sabtu (5/6).Dalam opening ceremony yang berlangsung malam hari tersebut, turut hadir juga beberapa duta besar negara peserta konferensi.

Dalam sambutannya, Fernando Haddad mengatakan pentingnya sebuah global community dalam upaya menghambat perubahan iklim. Perubahan iklim sendiri merupakan dampak dari pemanasan global dimana kenaikan suhu serta mencairnya es di kutub mempengaruhi iklim dunia secara global. “Jika tidak segera diatasi sejak sekarang, dunia terancam kehilangan jutaan species tanaman dan hewan, serta migrasi secara besar-besaran. Konferensi ini sendiri diadakan untuk menciptakan upaya nyata secara global dalam mengatasi permasalahan tersebut,” ujar Fernando kembali.

Sebelum menghelat konferensi internasional ini, terlebih dahulu telah diadakan konferensi nasional Brasil di tempat yang sama untuk memilih 12 delegasi perwakilan tuan rumah. Acara yang digelar oleh Kementerian Pendidikan Brasil dan Kementerian Lingkungan Hidup Brasil ini merupakan bukti nyata pemerintah Brasil untuk mengajak semua negara di dunia menghambat perubahan iklim. Untuk Brasil sendiri selain terkenal sebagai paru-paru dunia dengan hutan Amazonnya, juga merupakan negara pelopor penggunaan bio-energi untuk kendaraan bermotornya melalui bahan bakar ethanol.

Di akhir opening ceremony diadakan parade negara-negara peserta konferensi. Saat nama negaranya disebutkan, satu perwakilan peserta dari tiap negara naik keatas panggung dengan membawa bendera negara masing-masing. Total 59 negara dengan 400 peserta, 150 chaperone dan 80 fasilitator. Indonesia diwakili oleh Puteri Lingkungan Hidup Malang Raya 2009 Cherissa Wahyu Pramais.

Menurut Cherissa, merupakan kebanggaan bagi dirinya bisa membawa sang Merah Putih di atas panggung. Terutama dalam kesempatannya pertama kali mengikuti konferensi lingkungan hidup di luar negeri. Dia sendiri juga telah menyiapkan diri untuk berbagi pengalaman tentang kegiatan lingkungan hidup yang dia lakukan selama ini di Indonesia bersama Tunas Hijau.  (Dony Kristiawan, aktivis senior Tunas Hijau, fasilitator konferensi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.