Pembahasan Aksi Nyata Untuk International Charter Of Responsibility

Brazil- Pembahasan International Charter of Responsibility yang dilakukan oleh Charter Writing Group juga melibatkan delegasi lainnya. Setelah kelompok Charter Writing menentukan 10 poin tanggung jawab yang merupakan rangkuman dari semua National Charter peserta konferensi, mereka mengajak setiap delegasi untuk ikut menentukan aksi nyata apa yang bisa dilakukan terkait 10 tanggung jawab yang telah ditentukan. Di hari keempat pelaksanaan International Children and Youth Conference Brazil 2010, Selasa (8/6), kembali diadakan diskusi kelompok untuk membahas aksi nyata tersebut.

Bedanya dalam diskusi kelompok ini tidak dengan kelompok benuanya, melainkan mereka berkumpul berdasarkan bahasa yang mereka gunakan selama konferensi berlangsung. Selama pelaksanaan konferensi ini, ada 4 bahasa internasional yang digunakan, yaitu bahasa Inggris, Prancis, Spanyol dan Portugis.

Dalam diskusi ini para delegasi mengemukakan idenya tentang aksi nyata apa yang bisa mereka terapkan di negara masing-masing. Untuk kelompok bahasa Inggris sendiri banyak ide dari para delegasi yang mereka tuangkan dalam bentuk gambar di kertas. Nantinya mereka akan memilih 10 aksi nyata yang bisa dilakukan sepulangnya mereka dari konferensi ini.

Tak disangka, di usianya masih belia tersebut, para delegasi memiliki kepedulian yang tinggi untuk perbaikan lingkungan hidup di negaranya. Seperti halnya Elizabeth Inez Moffitt dari USA, dia menyampaikan bahwa sebagai anak-anak kita bisa mempengaruhi orang sekitar kita untuk peduli lingkungan hidup. Dengan aksi nyata yang dilakukan oleh anak-anak, tentunya akan mendorong yang lebih tua untuk ikut berpartisipasi. “Bagaimanapun tentunya mereka akan malu jika ternyata anak kecil bisa berbuat lebih banyak daripada mereka,” imbuhElizabeth Inez Moffit.

10 aksi nyata yang telah ditentukan oleh masing-masing kelompok selanjutnya akan kembali disaring oleh Charter Writing Group yang berisikan perwakilan dari tiap benua. Di hari terakhir akan diumumkan tentang Charter of Responsibility yang merupakan partisipasi dari para delegasi International Children and Youth Conference Brazil 2010. (Dony Kristiawan, aktivis senior Tunas Hijau, fasilitator konferensi/roni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.