Penutupan Youth Facilitator Training International Children & Youth Conference Brasil 2010

Brazil- Setelah menjalani pelatihan lingkungan hidup selama 5 hari di Training Center of the National Confederation of Industrial Workers (CNTI), kota LuizianiaBrazil80 fasilitator dari 59 negara peserta International Children and Youth Conference Brazil 2010 “Let’s Take Care of the Planet” menutup pelatihan mereka, (3/6), dengan dansa bersama.

Brasil yang dikenal dengan tarian Sambanya ternyata memiliki banyak tradisi unik. Kebiasaan disana untuk merayakan sesuatu selalu dengan tarian. Seperti juga saat penutupanYouth Facilitator Training, dimana semua fasilitator diajak merayakan penutupan tersebut dengan dansa. Dengan iringan musik khas Brasil, para fasilitator meluapkan kegembiraannya. Di tengah perayaan tersebut para fasilitator juga dibagikan rompi hijausebagai identitas fasilitator dalam pelaksanaan konferensi nanti.

Hampir sepekan para fasilitator tersebut melakukan simulasi pelaksanaan International Children and Youth Conference Brazil 2010 “Let’s Take Care of the Planet”. Dalam pelaksanaan konferensi tersebut nantinya para fasilitator tersebut akan memandu jalannya acara. Untuk pelatihan fasilitator itu sendiri juga sebagai ajang berbagi pengalaman serta pengetahuan tentang lingkungan hidup di negara masing-masing fasilitator pemuda.

Selama sepekan itu pula para fasilitator membahas tentang upaya tindak lanjut setelah pelaksanaan konferensi tersebut. Mereka sepakat untuk membangun virtual community sebagai upaya saling mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup secara global. Melalui websitewww.vamoscuidadoplaneta.net mereka akan saling menceritakan perkembangan upaya pelestarian lingkungan hidup di masing-masing negara.

Setelah penutupan training tersebut para fasilitator akan melakukan persiapan untuk penyambutan kedatangan para delegasi pesertaInternational Children and Youth Conference keesokan harinya. Mengingat pada 5 juni 2010 nanti, tepat pada saat peringatan hari lingkungan hidup sedunia, konferensi ini akan dibuka secara resmi oleh menteri pendidikan Brasil. (Dony Kristiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.