Peserta International Children & Youth Conference Brazil 2010 “Let’s Take Care Of The Planet” Mulai Berdatangan

Brazil- Peserta International Children and Youth ConferenceBrazil 2010 “Let’s Take Care of the Planet” dari 59 negara mulai berdatangan di lokasi konferensiTraining Center of the National Confederation of Industrial Workers (CNTI), kota Luiziania,Brazil, Jumat (4/6)Wajah letih jelas tergambar dari setiap delegasi karena lamanya perjalanan yang harus mereka tempuh untuk bisa berada di CNTI ini. Untuk menuju lokasi CNTI yang terletak di kawasan perbukitan ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dariInternational Airport Brasilia dengan menggunakan bus. Belum terhitung lama perjalanan udara yang telah mereka tempuh dari negara asal masing-masing.

Cuaca ekstrim Brasil juga setia menyapa setiap delegasi yang telah tiba di CNTI. Dikatakan ekstrim karena perubahan suhunya yang sangat drastis. Saat siang suhu mencapai 29 derajat celcius dan menurun drastis saat malam hingga 15 derajat celcius. Dibalik wajah letih setiap delegasi yang tiba selalu terselip senyuman pada setiap orang. Mungkin senyuman itu sebagai pertanda kelegaan diri telah tiba dengan selamat di lokasi konferensi.

Seperti yang ditunjukkan oleh rombongan delegasi Rusia, Kolombia, Prancis, Kostarika, Ekuador serta Bolivia yang datang bersamaan pada siang hari. Kedatangan rombongan tersebut pun telah dinanti oleh para fasilitator yang telah menunggu di CNTI. Ucapan Boas Vindas, Bienvenue, Bienvenidos, Welcome (selamat datang, dalam 4 bahasa konferensi) serta tepuk tangan pun serentak diberikan kepada mereka oleh para fasilitator. Dan hal ini juga berlaku untuk semua delegasi, karena para fasilitator sangat setia menanti kedatangan semua delegas di CNTI.

Sedangkan rombongan delegasi Indonesia tiba di lokasi CNTI pada malam hari bersamaan dengan rombongan dari Italia, Urugay dan Turki. Menurut Cherrisa Wahyu Pramais, salah satu delegasi Indonesia yang juga merupakan Puteri Lingkungan Hidup Malang Raya 2009, perjalanan yang dia tempuh sangat jauh dan melelahkan. Namun bagi Cherissa, rasa lelahnya tidak terasa karena semangat dalam dirinya untuk bisa berbagi pengalaman tentang kegiatan lingkungan hidup dengan teman-teman dari negara lain.

International Children and Youth ConferenceBrazil 2010 “Let’s Take Care of the Planet” ini nantinya akan diikuti oleh 400 peserta (anak-anak) dan 80 youth facilitator dari 59 negara. Konferensi yang dihelat oleh Kementerian Pendidikan Brasil ini bertujuan menciptakan komunitas global dalam upaya menghambat perubahan iklim. Selama konferensi yang berlangsung 6 hari ini para peserta akan saling sharepengalaman tentang kegiatan di negara masing-masing. Di akhir konferensi akan dihasilkan jugaCharter of Responsibility yang isinya merupakan rangkuman National Charter setiap negara peserta konferensi. (Dony Kristiawan, aktivis senior Tunas Hijau, fasilitator konferensi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.