Workshop Berkelanjutan Untuk Peserta International Children & Youth Conference Brazil 2010

Brazil- Dalam pelaksanaanInternational Children and Youth Conference Brazil 2010 “Let’s Take Care of the Planet” ini, para peserta juga diajak untuk membuat suatu karya sebagai upaya mengajak orang lain untuk peduli pelestarian lingkungan. Selama 2 hari, Selasa-Rabu (8-9/6), peserta mengikuti workshop lingkungan hidup berkelanjutan yang sebelumnya telah mereka pilih sesuai dengan keinginannya. Ada 11 pilihan workshop yang bisa mereka ikuti. Setiap orang hanya bisa memilih 1 jenis workshop saja.

11 workshop tersebut terbagi dalam 2 kelompok besar, yaitu edu-communication workshop dan workshop tematik. Untuk workshop edu-communication terdiri dari workshop radio, foto roman,fanzineadvertising, musik dan jurnalistik. Sedangkan untuk wokshop tematiknya para peserta bisa memilih tema sampah, air, pohon, perubahan iklim, energi serta oasis games.

Setiap kelompok workshop yang hanya diikuti 35 peserta ini diminta menyampaikan pesan ajakan peduli lingkungan hidup melalui karya yang akan mereka buat. Untuk kelompok edu-communication,diawal workshop, mereka mendapatkan penjelasan dari Gracia Lopes, dosen komunikasi Universitas Brasil tentang pentingnya media komunikasi untuk menyampaikan inspirasi.

Selama 2 hari setiap kelompok workshop akan mendalami pokok bahasan wokshopnya dengan melakukan observasi maupun wawancara. Setelah itu mereka akan membuat media komunikasi yang akan dipamerkan di hari terakhir konferensi. Harapannya, apa yang akan mereka buat akan menginspirasi yang lainnya untuk mengajak sebanyak mungkin orang untuk peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup. (Dony Kristiawan, aktivis senior Tunas Hijau, fasilitator konferensi/roni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.