Lomba Kidungan Lingkungan Hidup Dan Lomba Musik Daur Ulang Meriahkan Kemah Hijau 2010

Surabaya- Setelah mengalami beberapa kali penundaan, Kemah Hijau 2010 dipastikan pelaksanaannya pada 24-26 Juli di Taman Wisata Bendungan Selorejo, Kabupaten Malang. Tiga ratus siswa perwakilan SMP dan SMA se Jawa Timur dipastikan bakal mensukseskan Kemah Hijau yang terselenggara untuk kedua kalinya. Selain siswa, berbagai kegiatan telah disiapkan juga untuk guru-guru pendamping dari masing-masing sekolah.

Setiap kontingen dari tiap-tiap sekolah juga diwajibkan membawa berbagai media komunikasi yang berisikan tentang berbagai program lingkungan hidup yang dilaksanakan di sekolah masing-masing. Media-media ini akan dipamerkan sebagai sarana bertukar informasi program pelestarian lingkungan hidup antar sekolah.

Berbeda dengan pelaksanaan Kemah Hijau tahun lalu, Kemah Hijau tahun ini akan diisi dengan berbagai lomba. Diantaranya lomba kidungan, lomba eco drum (musik daur ulang) dan Mural Biodiversity. Lomba-lomba ini diperuntukkan bagi peserta dan guru pendamping Kemah Hijau 2010. Tropi dan sertifikat khusus dari gubernur Jawa Timur untuk sekolah yang menjadi pemenang lomba.

Bersamaan dengan pelaksanaan Kemah Hijau 2010, juga digelar pameran lingkungan hidup. Dalam pameran ini, puluhan industri yang ada di Jawa Timur akan memamerkan program dan produk-produk yang berorientasi ramah lingkungan  yang dihasilkan. Untuk meramaikan suasana pameran lingkungan hidup, Badan lingkungan Hidup Kota Batu telah menyiapkan berbagai kegiatan di lokasi pameran yang terletak bersebelahan dengan arena Kemah Hijau 2010.

Terpilihnya Taman wisata Bendungan Selorejo sebagai lokasi pelaksanaan Kemah Hijau 2010 bukan tanpa alasan. Isu utama tentang penyelamatan daerah aliran sungai (DAS) Brantas menjadi alasan utama dipilihnya Taman Wisata Bendungan Selorejo. Bendungan Selorejo sendiri adalah satu dari beberapa hulu sungai Brantas. Bendungan ini  dibangun pada jaman pendudukan Jepang dan dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Seiring dengan perkembangan waktu, bendungan yang dikelola Perum Jasa Tirta I ini direvitalisasi sebagai tempat wisata dengan nama Taman Wisata Bendungan Selorejo.  Fasilitas penginapan dan tempat olahraga air melengkapi taman wisata ini.

Taman Wisata Bendungan Selorejo terletak di desa Selorejo, kecamatan Ngantang, kabupaten Malang, yang berjarak ± 48 Km dari arah Barat Laut dari pusat Kota Malang. Taman wisata ini dikelilingi oleh beberapa gunung. Diantaranya Gunung Kelud, Gunung Kawi dan Gunung Anjasmoro. Taman Wisata Bendungan selorejo mempunyai suhu rata-rata 22 derajat Celcius. Suhu ini relatif menjadi lebih dingin menjelang sore hingga dini hari. Sleeping bag atau kantong tidur merupakan salah satu alat yang wajib dibawa terutama ketika beraktifitas perkemahan di taman wisata ini. (geng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.