Siswa Kader Lingkungan SD Theresia I Inspeksi Tempat Sampah

Surabaya- Sebanyak 67 siswa kader lingkungan hidup SDK Santa Theresia I mengikuti inspeksi mendadak (Sidak) lingkungan hidup di sekolah mereka yang berlokasi di Jl. Residen Sudirman 5, Sabtu (28/8) pagi.  Dari hasil Sidak ini mereka menemukan beberapa jenis sampah yang tidak sesuai pada tempatnya. Sampah yang mereka temukan beragam jenisnya. Tercatat sedikitnya 5 jenis sampah yang berhasil diidentifikasi. “Kebanyakan sampah yangnyasar di tempat sampah lain itu kami temukan di halaman sekolah,” ucap Antania, salah satu siswa kader lingkungan hidup Sekolah Adiwiyata Nasional Mandiri itu.

Selama melakukan inspeksi mendadak seluruh tempat sampah di sekolah, para siswa yang tergabung dalam tim lingkungan hidup SDK Santa Theresia I mitra Tunas Hijau ini langsung membetulkan sampah yang berada tidak sesuai tempatnya. Selain itu sampah organik yang masih berada di dalam tempat sampah kering langsung mereka bawa ke tempat pengolahan kompos yang ada di sekolah mereka. Terdapat 3 keranjang komposter Takakura yang mereka optimalkan pada awal program pemanfaatan sampah ini.

Di akhir pembinaan lingkungan hidup bersama Tunas Hijau ini, tim lingkungan hidup SDK Santa Theresia I mendapatkan tugas. “Setiap hari kalian harus mencatat jenis sampah yang ada di sekolah kalian,” ujar aktivis Tunas Hijau Akbar Wahyudono. Tujuannya, agar siswa mengetahui jenis sampah apa saja yang ada di area sekolah mereka. Selain itu sampah non organik akan mereka buat untuk kerajinan tangan yang dikumpulkan minimal 3 jenis setiap kelompoknya. Seluruh hasil karya masing-masing kelompok akan dipamerkan khusus pada salah satu kegiatan khusus. (akbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.