Mengetahui Perkembangan Otomotif di Toyota Automobile Museum

Nagoya- Toyota Automobile Museum (TAM) bisa menjadi alternatif kunjungan saat berada di kota Nagoya, Aichi Perfecture, Jepang. Seperti yang dilakukan Tunas Hijau pada free day  sebelumInternational Children’s Conference on the Environment (ICCE) 2010 Nagoya, Rabu (20/10) pagi. Museum ini terletak sekitar 100 meter dari stasiun Geidai-dori jalur kereta Linimo. Untuk menggapai museum ini dari stasiun juga sangat mudah dan manusiawi bagi pejalan kaki, pengguna sepedaontel, sepeda motor atau mobil. Bahkan museum ini bisa dilihat dari dalam kereta yang relnya berada beberapa meter di atas tanah ini.
Tiket masuk museum ini tergolong mahal bagi ukuran masyarakat Indonesia, yaitu 1000 yen untuk orang dewasa dan 500 yen untuk anak-anak. Tapi, harga semahal itu sangat sesuai dengan fasilitas yang disediakan di Toyota Automobile Museum ini. Bila tidak ada uang cukup atau enggan membayar, pengelola museum juga tergolong bijaksana dalam menerapkan peraturan tiket masuk. Maksudnya, pengunjung masih tetap bisa menikmati fasilitas yang ada. Tapi, tentunya tidak semua fasilitas bisa dinikmati. Hanya sekitar 50 persen saja. Tapi itu sudah cukup membuat pengunjung tanpa bayar mengetahui perkembangan produksi mobil Toyota khususnya dan dunia otomotif pada umumnya.
Saat Tunas Hijau mengunjungi museum ini, ada banyak rombongan siswa sekolah yang sedang berkunjung. Sebagian besar dari mereka adalah siswa sekolah dasar. Kunjungan ini mereka lakukan sebagai bagian dari penerapan kurikulum atau pelajaran di sekolah tentang teknologi. Paket kunjungan bagi siswa sekolah juga cukup membuat pengunjung aktif dan terus bergerak. Caranya dengan banyak menggunakan teknologi informasi yang mutakhir khas Jepang. Kuis berhadiah dan penghargaan atau hadiah menjadi daya tarik yang membuat pengunjung aktif menikmati semua fasilitas.
Penghargaan bagi pengunjung yang telah menikmati semua fasilitas diberikan pengelola. Caranya, dengan melihat stempel yang berhasil dikumpulkan pengunjung. Setiap sudut atau fasilitas biasanya disediakan satu stempel khusus yang berbeda dengan stempel sudut/fasilitas lainnya. Pengelola bahlan menyediakan lembaran khusus untuk stempel yang biasanya menjadi koleksi pengunjung. Mobil Toyota masa depan atau tipe I-Unit yang mirip robot juga dihadirkan di museum ini
Museum ini menghadirkan hampir seluruh tipe mobil produksi Toyota yang ada di seluruh dunia hingga tahu 1997. Tentunya termasuk juga penjelasan tentang spesifikasi dari masing-masing mobil. Dari mobil-mobil itu, pengunjung bisa mengetahui perkembangan teknologi otomotif Toyota. Selain itu, mobil-mobil produksi pabrikan lain di seluruh dunia, seperti Ford, Mercedes Bens, Jaguar, dan lainnya juga dihadirkan melalui teknologi informasi di museum ini. Mobil-mobil terbaru keluaran Toyota juga dihadirkan di museum ini.(roni)
Foto:
1. Mobil masa depan Toyota “I-Unit”
2. Pengunjung anak-anak dengan mobil Toyota keluaran tahun 1905
3. Pengunjung anak-anak berburu stempel museum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.