Mumtaza, Nyimas dan Zamroni Hari Ini Berangkat Ke Jepang

Tiga orang perwakilan Tunas Hijau, Selasa (19/10) pagi, berangkat menuju Nagoya, Jepang. Mereka adalah runner up Puteri Lingkungan Hidup 2008 Malang raya Mumtaza Noor Ashila dan runner up Puteri Lingkungan Hidup 2009 Surabaya Nyimas Salsabila Rahma Indah Zahra. Pada keberangkatannya mengikuti International Children’s Conference on the Environment (ICCE), Mumtaza dan Nyimas Salsabila didampingi oleh aktivis senior Tunas Hijau Mochamad Zamroni.

Keikutsertaan Mumtaza dan Nyimas Salsabila pada program yang digelar oleh United Nations Environment Program (UNEP) itu bukanlah suatu kebetulan. Mumtaza dan Nyimas Salsabila telah mengikuti seleksi penyaringan calon peserta yang dilakukan oleh UNEP. Seleksinya berupa esai tentang proyek lingkungan hidup yang telah mereka lakukan sebelumnya. Proyek Mumtaza tentang hutan sekolah, sedangkan proyek Nyimas Salsabila tentang sekolah ramah lingkungan hidup.

Sebelum keberangkatan ke Jepang ini, kedua anak tersebut juga telah banyak melakukan persiapan. Tanam pohon untuk hutan sekolah baru dilakukan Mumtaza Noor Ashila, seminggu sebelumnya. Pelaksanaannya di SMP Negeri 10 kota Malang dan di SMP Negeri 2 Tumpang kabupaten Malang. Di SMP 10 kota Malang sebanyak 25 pohon buah ditanam Mumtaza. 25 pohon buah juga ditanam di SMPN 2 Tumpang. Mumtaza tidak sendirian melakukannya. Dia dibantu oleh tim lingkungan hidupnya dari SMP Negeri 1 kota Malang, sekolahnya.

Seperti Mumtaza, Nyimas atau yang biasa dipanggil Caca, juga melakukan persiapan khusus untuk program ini. Sehari sebelum berangkat, Caca bahkan melakukan penebaran bibit ikan lele di kolam ikan yang terintegrasi dengan kantin apung sekolah yang didesain ramah lingkungan hidup dari desain bangunan dan higienis untuk makanan minuman yang dijual. Jumlah benih ikan yang ditebar lebih dari 5000 ekor. Pengadaan benih ikan itu dilakukan Nyimas bersama keluarganya dan Tunas Hijau. (roni)

Foto:

1. Saat transit di bandara internasional Hongkong, China

2. Sesaat setelah mendarat di bandara internasional Chubu, Nagoya, Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.