Program Lingkungan Hidup SMP 25 Setahun Kedepan Dirumuskan

Surabaya- Jam telah menunjukkan pukul 11.00 wib, di salah satu ruang laboratorium biologi, terlihat puluhan siswa SMPN 25 sedang melakukan rapat. Mereka bukan merapatkan tentang pembuatan percobaan, melainkan merapatkan program lingkungan hidup yang akan mereka jalankan selama 1 periode ke depan (2010-2011), Sabtu (30/10). Program tersebut diantaranya menjual sampah sekolah untuk ditukar dengan pohon.

Sedikitnya 30 siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler lingkungan hidup kembali bertemu. Pada pertemuan sebelumnya mereka telah mengutak-atik komposter yang terletak di kantin sekolah mereka. Hasilnya mereka telah berhasil memanen kompos walaupun jumlahnya tidak sebanyak yang diharapkan. Maklum, kompos yang mereka olah banyak yang rusak akibat ulah tangan nakal teman-temannya yang kurang memahami fungsi komposter.

Pada pertemuan ini, ketua ekstra lingkungan hidup SMP Negeri 25 Cika yang didampingi Akbar Wahyudono aktivis Tunas Hijau memimpin jalannya pembuatan program lingkungan hidup selama 1 periode kedepan. Tujuan pembuatan program ini adalah sebagai bentuk kepedulian tim lingkungan hidup terhadap kebersihan, serta keindahan sekolah. “ selain itu kita juga harus mencegah pemanasan global agar tidak meluas,” tambahnya.

Tak sedikit ide yang dikeluarkan oleh setiap siswa. Satu persatu ide yang mereka tulis di papan tulis. Lomba perawatan serta penataan taman merupakan salah satu gagasan yang diutarakan oleh Tika. Hingga akhirnya dari 26 ide yang terkumpul, terpilih 15 ide yang menjadi kesepakatan oleh tim lingkungan hidup. “Saya sangat mendukung program lingkungan hidup yang telah dibahas oleh kader lingkungan hidup SMP Negeri 25. Saya akan menyampaikan hasil ini kepada kepala sekolah,” ujar Indina, salah satu guru lingkungan hidup SMPN 25 Surabaya. (akbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.